Salat ghaib untuk mantan kapolri

id Salat ghaib

Salat ghaib untuk mantan kapolri

Suasana jelang salat ghaib (Datiz)

Tanjung Selor (Antaranews Kaltara) - Ratusan orang jemaah usai ibadah Jumatan di Masjid Agung Istiqomah Tanjung Selor, Bulungan, Kaltara melaksanakan Salat Ghaib bagi mantan Kapolri Jenderal (Purn) Awaluddin Djamin yang wafat Kamis (31/1).

Dilaporkan di Tanjung Selor, Jumat dipimpin oleh imam besar Masjid Istiqomah H. Abduh ratusan warga melaksanakan Salat Ghaib.

Diselimuti cuaca mendung sejak pagi, warga tampak khusuk melaksanakan ibadah di masjid terbesar di Bulungan itu.

Mantan Kapolri Jenderal (Purn) Awaluddin Djamin meninggal dunia setelah sempat menjalani perawatan di RS Medistra, Jakarta.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan almarhum menghembuskan nafas terakhir pukul 14.45 WIB pada usia 91 tahun.

Rencananya mengatakan almarhum disemayamkan di Auditorium PTIK, Jumat (1/2) dan akan disalatkan di masjid PTIK ba'da Salat Jumat.

Mantan Kapolri periode 1978-1982 itu nantinya akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Awaluddin merupakan Kapolri periode 1978-1982.

Selama mengabdi di kepolisian, Awaludin menerima sejumlah penghargaan sebagai tanda jasanya, di antaranya penghargaan Bintang Dharma, Bintang Bhayangkara, dan Bintang Mahaputra Adipradana.

Almarhum juga pernah menerima penghargaan Satya Lencana Perang Kemerdekaan (I dan II), SL Karya Bhakti, SL Yana Utama, SL Panca Warsa, SL Peringkat Perjuangan Kemerdekaan RI, dan SL Penegak Veteran Pejuang Kemerdekaan RI.