Toko Indonesia ditarget rampung tahun ini

id Toko, Indonesia, Progres,Kaltara

Toko Indonesia ditarget rampung tahun ini

TOKO INDONESIA : Salah satu gedung Toko Indonesia yang dibangun di perbatasan Kaltara. (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (Antaranews Kaltara) – Pembangunan Toko Indonesia di wilayah perbatasan yang dimulai sejak 2017 lalu, ditarget rampung tahun ini. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melalui APBD 2019 mengalokasikan anggaran sebesar Rp 8,5 miliar untuk tahap akhir pembangunan Toko Indonesia yang berlokasi di Kecamatan Krayan, Nunukan itu.

Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie mengungkapkan, pembangunan Toko Indonesia digagasnya sejak dirinya menjadi penjabat gubernur Kaltara. Gubernur melihat tingginya disparitas harga kebutuhan pokok di wilayah perbatasan dengan daerah lain, menjadi pertimbangan perlunya dibangun sebuah tempat yang menjual bahan kebutuhan pokok masyarakat, dengan harga yang terjangkau.

“Kita ada beberapa program untuk menekan disparitas harga di wilayah perbatasan. Selain membangun Toko Indonesia, juga ada pemberian subsidi ongkos angkut (SOA) barang yang tiap tahun dialokasikan anggaran,” ungkapnya.

Tahun ini, kata Gubernur, sesuai informasi dari Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPR-Perkim) Provinsi Kaltara, pengerjaan tahap akhir pembangunan Toko Indonesia di Long Bawan, telah memasuki proses persiapan dokumen lelang.

Diungkapkan, melalui APBD dialokasikan anggaran Rp 8,5 miliar, untuk pengerjaan beberapa item. Seperti pemasangan elektrikal, sanitasi, pemasangan ACP (Allimunium Composite Panel), eksterior, landscape, pemasangan plafon termasuk pekerjaan interior bangunan toko.

Saat ini, lanjutnya, dari DPUPR-Perkim masih melakukan persiapan dokumen lelang. Termasuk penyusunan HPS (Harga Perkiraan Sendiri) yang digunakan untuk perhitungan biaya atas pekerjaan/jasa. “Dinas PU (PUPR-Perkim, Red) masih dalam tahap penyusunan HPS. Mengenai alokasi biaya pekerjaan masih bisa berubah dan tentu akan kita sesuaikan dengan anggaran yang ada,” unggap Gubernur yang didampingi Kepala Dinas PUPR-Perkim Kaltara, Suheriyatna.

Irianto mengatakan, untuk lebih teknisnya, tim dari Dinas PUPR-Perkim dalam waktu dekat akan melakukan pengecekan di lapangan. Ini dilakukan untuk menghitung kembali terkait biaya dalam pengerjaan tahap akhir tersebut. Jika sudah melakukan pengecekan di lapangan, ditargetkan pada Februari sudah bisa mulai pelelangan. Sehingga, April 2019 sudah berkontrak dan mulai dilakukan pengerjaan.

Pembangunan Toko Indonesia di wilayah perbatasan Kaltara dilakukan secara bertahap sejak 2017. Melalui APBD Provinsi 2017 dianggarkan dana sebesar Rp 5 miliar untuk dilakukan pengerjaan struktur pada bangunan. Kemudian pada 2018, dilanjutkan pembangunan Toko Indonesia tahap II. Pada tahap itu, Pemprov Kaltara mengalokasikan Rp 4 miliar juga melalui APBD provinsi untuk dilakukan pengerjaan pemasangan bata, alian, plaster, pemasangan keramik lantai dan kontruksi atap bangunan. “Baik tahap I maupun tahap II, progresnya di lapangan realisasinya sudah 100 persen rampung dikerjakan,” tambah Suheriyatna.

Seperti diketahui, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah perbatasan, Gubernur menggagas pembangunan Toko Indonesia. Menurutnya, pembangunan Toko Indonesia sebagai salah satu upaya pengentasan kemiskinan yang ada di wilayah perbatasan. Utamanya, untuk menekan disparitas harga kebutuhan pokok yang terlampau tinggi. “Keberadaan toko Indonesia ini tentu dapat membantu ketersediaan bahan pokok yang diperlukan oleh masyarakat perbatasan dan pedalaman. Inilah salah satu cara kita untuk menghadirkan negara di wilayah perbatasan,” tegasnya.

REALISASI TOKO INDONESIA DI PERBATASAN KALTARA

1. TAHUN 2017

- Pembangunan Toko Indonesia di Long Bawan, Kecamatan Krayan, Kab Nunukan (Tahap I)

- Total alokasi anggaran : Rp 5 miliar

- Pekerjaan : Kontruksi Struktur

- Sumber : APBD Provinsi

- Realisasi : 100 persen

-----------------------------------

2. TAHUN 2018

- Pembangunan Toko Indonesia di Long Bawan, Kecamatan Krayan, Kab Nunukan (Tahap II)

- Total alokasi anggaran : Rp 4 miliar

- Pekerjaan : Pemasangan bata, alian, plaster, pemasangan keramik lantai dan kontruksi atap.

- Sumber : APBD Provinsi

- Realisasi : 100 persen

-----------------------------------

3. TAHUN 2019

- Pembangunan Toko Indonesia di Long Bawan, Kecamatan Krayan, Kab Nunukan (Tahap III)

- Pekerjaan : Elektrinikal, sanitair, pemasangan ACP (Allumunium Composite Panel), eksterior, landscape, Pemasangan Plafon termasuk Pekerjaan Interior.

- Rencana alokasi anggaran : Rp 8,5 miliar

Sumber : APBD Provinsi

- Progres : Persiapan Dokumen Lelang

-----------------------------------

Pembangunan Toko Indonesia Memiliki :

* Luas Lahan : 200 m x 300 m

* Luas Bangunan : 28 m x 55 m

Gambar Infografis (humasprovkaltara)