Tingkatkan Kompetensi Naker Konstuksi, DPUPR-Perkim Gelar DL-SIBIMA

id Sosialisasi, Distance, Learning, SIBIMA

Tingkatkan Kompetensi Naker Konstuksi, DPUPR-Perkim Gelar DL-SIBIMA

KOMPETENSI : Kegiatan DL-SIBIMA yang digelar DPUPR-Perkim Kaltara di UBT, Kamis (11/4). (humasprovkaltara)

Tarakan (ANTARA) - Dalam rangka mendukung peningkatan kompetensi dan percepatan sertifikasi tenaga kerja konstruksi di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPR-Perkim) menggelar Sosialisasi Distance Learning SIBIMA (Sistem Informasi Belajar Insentif Mandiri) Bidang Kontruksi dan Sertifikasi Tenaga Terampil Bidang Elektrikal di Fakultas Teknik Universitas Borneo Tarakan, Kamis (11/4). Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara DPUPR-Perkim, UBT dan Balai Penerapan Teknologi Konstruksi Kementerian-PUPR. Dan, diikuti sekitar 400 peserta yang berasal dari mahasiswa dan alumni UBT juga umum.

Dijelaskan Kepala DPUPR-Perkim Kaltara Suheriyatna, pentingnya sertifikasi bagi tenaga kerja konstruksi sejurus dengan masuknya era persaingan global dan memenuhi amanat Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2017, tentang Jasa Konstruksi. Hingga Oktober 2018, sudah 673 tenaga kontruksi sudah tersertifikasi melalui program sertifkasi tenaga kontruksi yang digalakkan DPUPR-Perkim Provinsi Kaltara. “Di era ini, tenaga kerja lokal harus siap bersaing dengan tenaga kerja asing. Modal sertifikasi inilah untuk bersaing itu. Semakin terampil dan ahli maka upah yang diterima pun semakin besar,” katanya.

DL-SIBIMA Bidang Kontruksi merupakan program yang dikelola oleh Balai Penerapan TeknologiKontruksi, Direktorat Jendral (Ditjen) Bina Konstruksi Kementerian-PUPR. Sistemnya pelatihan jarak jauh yang lebih efektif dan efisien, baik dari segi dana dan waktu. “Dalam pelaksanaannya, peserta akan diberi jangka waktu sebulan untuk belajar mandiri, yang setelahnya akan dilakukan assessment. Jika nilainya bagus maka akan mendapatkan SKA (Sertifikat Keahlian Kerja),” tuturnya. Mahasiswa yang dapat mengikuti program ini hanya mahasiswa yang telah memasuki semester akhir. Yakni semester 7 atau 8.

Sementara untuk sertifikasi tenaga terampil bidang elektrikal, melibatkan seluruh mahasiswa teknik elektro. Seluruh peserta melakukan uji praktek dengan rangkaian listrik sesuai dengan soal uji yang telah ditentukan Assessor. “Tak hanya melakukan uji praktek, assessor juga akan melakukan verifkasi data dan wawancara kepada seluruh perserta sebagai salah satu persyaratan sertifikasi kompetensi,” jelasnya.

Peserta yang lulus DL-SIBIMA akan mendapatkan Sertifikat Pelatihan SIBIMA dengan waktu pembelajaran setara 50 jam. “Sertifikat DL-SIBIMA memiliki nilai 25 poin Satuan Kerja Pengembangan Keprofesian (SKPK) yang berguna untuk Continual Professional Development (CPD) bagi pemegang SKA dan dapat digunakan untuk mengikuti uji kompetensi Ahli Muda tanpa harus magang 1 tahun bagi freshgraduate,” jelas Deni Yustianto, Kepala Bidang (Kabid) Jasa Konstruksi DPUPR-Perkim Kaltara.