Sebagian warga sempat lari keluar

id gempa bulungan

Sebagian warga sempat lari keluar

Lokasi gempa (gempa bulungqn)

Tanjung Selor (ANTARA) - Warga Bulungan, Provinsi Kaltara dikagetkan dengan gempa yang sempat menggetarkan rumah sehingga sebagian sempat keluar rumah.

"Gempa terasa tidak sampai satu menit itu, sempat membuat warga panik hingga keluar kantor," kata Ismed Salehuddin salah seorang staf Kantor Agama Bulungan, Selasa (11/6) di Tanjung Selor.

Beberapa warga justru mengaku tidak merasa ada gempa.

Kejadiannya sekitar 13.45 Wita.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjung Harapan mengeluarkan rilis lokasi.

Gempa yang terasa itu berasa pada Mag: 4.7 SR, pada hari Selasa tanggal 11 Juni 2019 pada pukul 13:45:58 Wita.

"Lokasinya 2.62 Lintang Utara, 117.22 Bujur Timur atau 40 kilometer Tenggara Bulungan Kaltara,” ucap Kepala BMKG Kelas III Tanjung Harapan Muhammad Sulam Khilmi melalui Forecaster BMKG Kelas III Tanjung Harapan, Magdalena Sidauruk.

Gempanya berada pada kedalaman 14 kilometer. Bila ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi berkedalaman dangkal akibat aktivitas sesar Maratua.

Hasil analisa sumber menunjukkan gempabumi tersebut dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan sesar geser cenderung ke arah kiri (strike-slip sinistral).

Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Untuk itu masyarakat di sekitar wilayah Kalimantan Utara dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.