Maksimalkan Pelayanan Kesehatan Online, RSUD Tarakan Sosialisasikan Simas Jempol

id Pelayanan, Kesehatan, Online

Maksimalkan Pelayanan Kesehatan Online, RSUD Tarakan Sosialisasikan Simas Jempol

SOSIALISASI : Peserta Sosialisasi SIMAS Jempol dan Simpolan RJ berfoto Bersama di Ruang pertemuan RSUD Tarakan. (humasprovkaltara)

Tarakan (ANTARA) - Untuk lebih memaksimalkan program yang telah diluncurkan sejak tahun lalu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melalui UPT RSUD Tarakan mensosialisasi aplikasi Simas Jempol (Sistem Informasi Jemput Pasien Miskin Online) dan Simpolan RJ (Sistem Pendaftaran Online Rawat Jalan). Sosialisasi progam ini juga bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan berbasis online. Hadir mengikuti sosialisasi perwakilan dari berbagai pihak terkait, mulai dari kecamatan, kelurahan, Puskesmas, rumah sakit serta pelayanan-pelayanan yang berhubungan dengan masyarakat.

Untuk diketahui program Simpolan RJ dan Simas Jempol bertujuan untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada pasien untuk warga yang kurang mamp. Melalui aplikasi Simas Jempol, diharapkan tidak ada lagi pasien dari warga miskin yang tidak terlayani di RSUD Tarakan.

Direktur Utama (Dirut) RSUD Tarakan Muhammad Hasbi mengungkapkan, perlunya sosialisasi ini kembali dilaksanakan, diakuinya, karena sejauh ini pemanfaatan sistem tersebut di masyarakat belum maksimal. “Tim pengelola program menilai, pemanfaatan sistem ini masih dirasa kurang. Karena mungkin banyak yang tidak tahu cara penggunaannya atau karena khawatir antriannya tidak terlayani. Nah melalui sosialisasi ini, harapannya warga akan lebih mengetahui,” ungkap Hasbi.

Hasbi berharap, agar aplikasi ini bisa diakses oleh masyarakat provinsi Kalimantan Utara hingga sampai ke pelosok. “Kami tidak menutup kemungkinan jika ada masyarakat luar yang ingin mengakses sistem ini. Kami juga bisa berkoordinasi dengan pemerintah setempat, seperti apa evakuasinya ke sini dan Insya Allah kami akan bantu pelayanannya di sini,” jelasnya.

Baca juga: Kaltara UHC, Gubernur Terima Penghargaan dari BPJS Kesehatan
Baca juga: Jemput Bola, Layani Masyarakat di Daerah Perbatasan, Terpencil dan Terluar
Baca juga: Utamakan Pasien Miskin, Pelayanan RSUD Sudah Berbasis Online