Dinkes Tarakan target 95 persen anak diimunisasi

id imunisasi, tarakan

Dinkes Tarakan target 95 persen anak diimunisasi

Kepala Dinkes Tarakan, Subono Samsudi disela - sela acara Sosialisasi Imunisasi dan Vaksin pada Anak SD di Gedung Serba Guna Pemkot Tarakan, Kamis (15/08/2019). ANTARA/Susylo Asmalyah

Tarakan (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Tarakan menargetkan jumlah anak yang diimunisasi pada Pekan Imunisasi Nasional (PIN) untuk anak SD di atas 95 persen.

"Kita targetkan anak SD kelas satu, dua dan lima di Tarakan yang diimunisasi di atas 95 persen," kata Kepala Dinkes Tarakan, Subono Samsudi disela - sela acara Sosialisasi Imunisasi dan Vaksin pada Anak SD di Gedung Serba Guna Pemkot Tarakan, Kamis.

Anak - anak SD yang mendapat imunisasi dan vaksin akan didatangi oleh petugas dari enam puskesmas ke sekolah masing - masing. Mereka akan mendapatkan imunisasi dan vaksin campak, tetanus dan dipteri.

Pemberian imunisasi ini akan dilaksanakan selama bulan September, bila ada anak yang terlewati atau belum mendapatkan imunisasi maka akan dilakukan penyisiran kembali.

Capaian anak yang diimunisasi Measles Rubella (MR) di Tarakan pada tahun 2018 lalu hanya 65 persen anak yang diimunisasi dan termasuk rendah.

"Sehingga kalau ikut imunisasi tetanus, kekebalannya bisa sampai 25 tahun," kata Subono. Mengenai ketersediaan vaksin dikatakannya cukup berdasarkan data proyeksi tahun lalu.

Sementara itu, Walikota Tarakan, Khairul usai membuka acara Sosialisasi Imunisasi dan Vaksin pada Anak SD mengatakan para petugas kesehatan ke sekolah untuk melakukan imunisasi.

"Terutama untuk anak kelas satu, dua dan lima, petugas langsung ke sekolah," kata Khairul.
Baca juga: Petugas Diminta Bergerak dan Datangi Langsung Masyarakat
Baca juga: Pemprov-Unicef Kerja Sama Imunisasi MR