Pusat wisata kuliner "Bangayo" gunakan pembayaran non tunai

id bangayo, kuliner

Pusat wisata kuliner "Bangayo" gunakan pembayaran non tunai

Walikota Tarakan, Khairul dan istrinya, Rujiah menggunakan pembayaran non tunai di pusat wisata kuliner "Bangayo" di Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan, Tarakan, Sabtu malam (12/10/2019). ANTARA/Susylo Asmalyah

Tarakan (ANTARA) - Pusat wisata kuliner "Bangayo" di Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan, Tarakan, KalimantanUtara menggunakan pembayaran non tunai untuk membeli makanan di stand yang dijual.

Sebanyak 22 stand kuliner di "Bangayo" diresmikan oleh Walikota Tarakan, Khairul pada Sabtu malam.

Masyarakat terlihat tumpah ruah memenuhi pusat kuliner baru tersebut.

Berbagai macam makanan dan minuman dijual di kawasan tersebut yang buka mulai pukul 19.00 sampai 24.00 WIB.

Khairul datang bersama istrinya Rujiah dan mencoba makanan dan minuman di kawasan "Bangayo" menggunakan pembayaran non tunai. "Bangayo" merupakan kepanjangan dari Baya Ngakan Mayo dalam bahasa Tidung artinya tempat makan kita.

Khairul mengatakan dengan diresmikannya kawasan wisata kuliner "Bangayo" merupakan upaya mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Tarakan termasuk kuliner di Pedagang Kaki Lima (PK5).

"Harapannya kawasan ini menjadi alternatif untuk masyarakat Tarakan dan luar Tarakan untuk wisata kuliner," kata Khairul.

Adapun alasan menggunakan pembayaran non tunai dengan harapan mempermudah transaksi dan tidak perlu ada uang pengembalian, yang kadang ada masalah.

"Selain itu, untuk menghindari terjadinya kejahatan di bidang keuangan dan akan sulit adanya pencurian. Serta membantu pemerintah dalam mengurangi pencetakan uang kertas," kata Khairul.

Pembukaan pusat wisata kuliner "Bangayo" diramaikan dengan live musik. Pembangunannya dimulai bulan Agustus 2019 tanpa menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tarakan, namun kerjasama dengan Bank Indonesia dan perbankan lainnya.
Baca juga: KJRI KK pameran budaya dan kuliner Indonesia pada 16 Agustus