Tarakan imbau Puskesmas waspada corona

id corona

Tarakan imbau Puskesmas waspada corona

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tarakan, Witoyo. Antara/Susylo Asmalyah

Tarakan (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tarakan menghimbau para petugas di puskesmas untuk waspada terhadap infeksi virus corona.

"Semenjak ada surat edaran dari Kemenkes kita tindaklanjuti dengan puskesmas untuk waspada karena Tarakan merupakan kota transit," kata Plt Kepala Dinkes Kota Tarakan, Witoyo di Tarakan, Senin.

Dijelaskannya bila petugas di Puskesmas menemukan kecurigaan gejala pasien terinfeksi virus corona, segera beri perhatian khusus, kemudian dirujuk ke rumah sakit segera diisolasi.

"Kemudian kita, kemarin (Minggu) juga pertemuan dengan dokter dan bidan praktek, kemudian buat grup untuk memberi informasi yang terbaru," kata Witoyo.

Dia menghimbau kepada masyarakat kalau ada dugaan gejala terinfeksi virus Corona agar segera ditindaklanjuti seperti demam, batuk dan gangguan pernapasan. Selain itu, jangan panik kalau ada berita diklarifikasi dulu, jangan menyebarkan hoaks.

Tiga kawasan yang dipasang thermal scanner di Kaltara ada di Pelabuhan Nunukan, Pelabuhan Malundung Tarakan dan Bandara Juata.

Guna mengantisipasi bila ada penumpang yang terdeteksi infeksi virus Corona maka langsung dilakukan evakuasi menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan.
Baca juga: Pemeriksaan penumpang dari Tawau di pesawat
Baca juga: Penumpang internasional wajib isi Kartu Kesehatan