Pemkot - Unhas sepakati kerjasama strategis pembangunan Tarakan

id unhas

Pemkot - Unhas sepakati kerjasama strategis pembangunan Tarakan

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Wali Kota Tarakan, Khairul dengan Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A. di Makassar, Selasa (11/02/2020) sepakat untuk menjalin kerja sama strategis dalam mendukung pembangunan di Kota Tarakan. Dokumen Pemkot Tarakan

Tarakan (ANTARA) - Pemerintah Kota Tarakan dan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar telah bersepakat untuk menjalin kerja sama strategis dalam mendukung pembangunan di Kota Tarakan.

Hal ini terwujud melalui penandatanganan Nota Kesepahaman antara Wali Kota Tarakan, Khairul dengan Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A. di Makassar, Selasa.

Pada kesempatan yang berlangsung di Ruang Pertemuan Rektor Unhas tersebut, turut ditandatangani Perjanjian Kerja Sama antara Kota Tarakan dengan 4 Fakultas yakni Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Farmasi dan Keperawatan).

Kemudian dengan 2 Rumah Sakit yakni Rumah Sakit Unhas dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unhas dan Sekolah Pasca Sarjana Unhas.

Khairul dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kesediaan Unhas untuk berkolaborasi.

“Kerja sama ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat Tarakan, terlebih lagi Tarakan saat ini memiliki Rumah Sakit baru yang telah beroperasi,” kata Khairul.

Dia berharap melalui kesepakatan yang ditandatangani dapat memenuhi kebutuhan tenaga medis di Rumah Sakit Umum Kota Tarakan.Termasuk ahli bedah, spesialis anak dan spesialis anastesi.

Ia juga mengharapkan melalui kerja sama ini, Pemkot Tarakan dan Unhas melalui payung nota kesepahaman yang telah ditandatangani, dapat menjalin kerja sama yang lebih luas lagi.

"Termasuk dari sektor perikanan dan kelautan, tata kota, program magang dan semoga juga banyak anak-anak Tarakan yang melanjutkan kuliah di Unhas,” harapnya.

Sementara itu, Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A. secara langsung juga menyampaikan komitmen lembaganya untuk mendukung pembangunan di Kota Tarakan.

Dwia Aries meminta para Dekan untuk segera merealisasikan kerja sama yang disepakati,

“Tarakan tumbuh sangat cepat dan memiliki sumber daya alam melimpah, serta harus diiringi oleh sumber daya manusia yang unggul, apalagi dalam beberapa tahun ke depan Tarakan bahkan akan menjadi penyangga utama Ibukota,” kata Dwia Aries.

Ia mengungkapkan bahwa melalui Program Kampus Merdeka yang digagas Pemerintah, kampus dapat lebih leluasa, bahkan tidak menutup kemungkinan kelas jauh Unhas juga dapat tersedia di Tarakan sesuai dengan kebutuhan dan potensi daerah.
Baca juga: Tarakan akan kerja sama kesehatan dengan Unhas