Pasar kendaraan niaga yang menjanjikan

id DFSK,Pasar kendaraan niaga

Pasar kendaraan niaga yang menjanjikan

DFSK: Pasar kendaraan niaga menjanjikan untuk Indonesia

Jakarta (ANTARA) - Manufaktur otomotif Dongfeng Sokonindo (DFSK) menilai kendaraan berjenis minibus danblind vanyang berada di segmen komersial atau niaga, punya pasar yang menjanjikan di Indonesia.

DFSK menilai jika segmen komersial dimaksimalkan, maka dapat mendorong pertumbuhan bisnis konsumen bahkan bisa mendongkrak pertumbuhan otomotif nasional.

"DFSK melihat adanya sebuah pertumbuhan yang cukup konsisten dan ceruk pasar yang cukup cerah untuk kendaraan minibus danblind van," kata DFSK dalam keterangan tertulis perusahaan, Selasa.

"Bahkan bila melihat data yang dikeluarkan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), kedua segmen itu tetap bertumbuh meski secara keseluruhan pasar otomotif nasional mengalami kelesuan hampir 11 persen," katanya.

Bila dirinci, penjualan minibus komersial pada 2019 sebanyak 18.300 unit dan mengalami pertumbuhan 2 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca juga:Pilihan SUV harga di bawah Rp300 juta

Baca juga:Minivan baru DFSK bocor di media sosial


Kemudian penjualan di kelasblind vanmencapai 9.600 unit dan mengalami pertumbuhan signifikan mencapai 15 persen.

Pertumbuhan itu memotivasi DFSK untuk melakukan ekspansi bisnis di segmen kendaraan komersial yang sebelumnya baru mencakup di ceruk pikap ringan.

Peluang DFSK untuk masuk dan mengembangkan bisnis di segmen Minibus dan Blind Van semakin terbuka lebar karena tidak banyaknya pemain di kedua segmen itu.

Masuknya DFSK ke segmen itu akan membuat konsumen punya banyak pilihan untuk membeli kendaraan yang sesuai dengan kebutuhannya dan daya belinya.

Menurut survei internal DFSK, penggunaan Minibus oleh konsumen Indonesia bisa menjadidual purpose. Yang pertama, konsumen perseorangan menggunakan kendaraan minibus sebagai kendaraan penumpang sebanyak 60 persen dan sisanya 40 persen digunakan untuk keperluan angkut barang.

Lain halnya dengan konsumencorporateatau perusahaan, sebanyak 60 persen minibus digunakan untuk keperluan mengangkut barang dan 40 persen sebagai kendaraan penumpang.

Berbeda dengan model Blind Van yang memang ditujukan untuk mendukung kelancaran berbagai bisnis di Indonesia. Penggunaanblind vanbisa digunakan untuk mendukung bisnis logistik,food beverage, ambulance,ekspedisi,social car,dan berbagai kebutuhan lainnya.

Baca juga:Masuk tahun kedua penjualan, DFSK jamin suku cadang Glory 560

Baca juga:Super Cab laris, DFSK janjikan model baru bulan depan

Baca juga:DFSK: Sensasi mengemudi jadi pertimbangan konsumen sebelum beli mobil
Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Maria Rosari Dwi Putri