Dua kasus positif COVID-19 bertambah di Kaltara

id covid

Dua kasus positif COVID-19 bertambah di Kaltara

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kaltara, Agust Suwandy. Antara/Susylo Asmalyah

Tarakan (ANTARA) - Sebanyak dua kasus positif COVID-19 bertambah di Kalimantan Utara dari dua pasien pelaku perjalanan yakni satu pasien di Tarakan berinisial BP (46) Riwayat perjalanan dari Sumatera Selatan dan satu pasien di Bulungan berinisial NH (29) riwayat perjalanan dari Makassar.

“Jadi jumlah kumulatif kasus positif COVID-19 di Kaltara sebanyak 297 orang dan yang sembuh 266 orang,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kaltara, Agust Suwandy di Tanjung Selor, Minggu.

Sedangkan yang meninggal dua orang dan pasien yang masih dirawat 29 orang yang tersebar di Tarakan ada dua pasien, lima pasien di Bulungan, dua pasien di Nunukan dan Malinau ada 20 pasien, dengan persentase kesembuhan 90,17 persen.

Selanjutnya jumlah suspek yang diisolasi sebanyak 36orang. Kasus suspek bila seseorang memiliki salah satu kriteria berikut yakni orang dengan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah Indonesia yang melaporkan transmisi lokal.

Kemudian orang dengan salah satu gejala/tanda ISPA pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi/probable COVID-19. Serta orang dengan ISPA berat/pneumonia berat yang membutuhkan perawatan di rumah sakit dan tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan.

“Untuk kasus probable di Kaltara ada 18 orang, kasus probable yakni kasus suspek dengan ISPA berat/meninggal dengan gambaran klinis yang meyakinkan COVID-19 dan belum ada hasil pemeriksaan laboratorium RT-PCR,” kata Agust.
Baca juga: Persentase kesembuhan dari COVID-19 di Kaltara sebesar 90,44 persen
Baca juga: Jumlah kasus suspek yang dipantau di Tarakan 30 orang