Kayu olahan dari Kaltara diekspor ke Amerika dan Malaysia

id kayu

Kayu olahan dari Kaltara diekspor ke Amerika dan Malaysia

Ekspor kayu olahan sebanyak kurang lebih 2.256 meter kubik berupa plywood dan moulding asal Kalimantan Utara produksi PT. Intracawood Manufacturing. Dokumen Karantina Pertanian Tarakan

Tarakan (ANTARA) - Karantina Pertanian Tarakan kembali memfasilitasi ekspor kayu olahan sebanyak kurang lebih 2.256 meter kubik berupa plywood dan moulding asal Kalimantan Utara produksi PT. Intracawood Manufacturing.

"Kayu olahan tersebut siap dikirim ke dua negara yakni Amerika dan Malaysia dengan rincian 2.236 meter kubik ke Amerika Serikat dan 20 meter kubik ke Malaysia dengan total nilai ekonomis Rp15 miliar," kata Kepala Karantina Pertanian Tarakan, Akhmad Alfaraby di Tarakan, Kamis.

Sesuai dengan permintaan negara tujuan, kayu olahan yang diekspor dari Indonesia harus dilengkapi dengan Phytosanitary Certificate atau sertifikat kesehatan tumbuhan.

Sertifikat tersebut diterbitkan oleh Badan Karantina Pertanian sebagai penjamin bahwa kayu olahan tersebut bebas dari organisme pengganggu tumbuhan.

Pejabat Karantina Pertanian Tarakan telah melakukan pemeriksaan fisik terhadap kayu olahan tersebut, Selasa (25/08).

Kayu olahan berupa plywood dan moulding akan dipergunakan sebagai bahan baku properti, seperti pagar rumah, dinding dan lantai.

"Kayu olahan yang diekspor ini telah melalui serangkaian tindakan karantina, sehingga dapat dipastikan aman dan bebas dari organisme pengganggu tumbuhan sesuai persyaratan teknis negara tujuan," kata Alfaraby.
Baca juga: Kayu olahan asal Kaltara senilai Rp16 miliar diekspor ke Amerika
Baca juga: Kayu olahan Kaltara kembali diekspor ke Amerika dan India