Enam pasien dinyatakan sembuh dari COVID-19 di Kaltara

id Covid

Enam pasien dinyatakan sembuh dari COVID-19 di Kaltara

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kaltara, Agust Suwandy. Antara/Susylo Asmalyah

Tarakan (ANTARA) - Sebanyak enam pasien dinyatakan sembuh dari COVID-19 di Kalimantan Utara, maka kumulatif yang sembuh sebanyak 374 orang.

“Data tambahan yang sembuh dari COVID-19 ada enam orang,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kaltara, Agust Suwandy di Tanjung Selor, Kamis.

Enam orang sembuh di Tarakan berinisial SS (43) adalah tenaga kesehatan, PK (32) pelaku perjalanan dari Kalimantan Selatan, MH (40) pelaku perjalanan dari Balikpapan, SG (29) adalah tenaga kesehatan, AM (67) kontak erat dan SR (40) kontak erat.

Sedangkan tambahan pasien positif COVID-19 ada dua orang dari Bulungan dengan inisial RR (27) karena kontak erat dan MD (40) dari terpapar dari transmisi lokal keluarga dari Balikpapan.

“Total kumulatif yang sembuh sebanyak 458 orang, meninggal dua orang dan yang masih dirawat sebanyak 82 orang. Tersebar di Tarakan ada 34 orang, 36 di Bulungan, sembilan di Malinau, dua di Nunukan dan satu di Tana Tidung,” kata Agust.

Selanjutnya jumlah suspek yang diisolasi sebanyak 59 orang. Kasus suspek bila seseorang memiliki salah satu kriteria berikut yakni orang dengan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah Indonesia yang melaporkan transmisi lokal.

Kemudian orang dengan salah satu gejala/tanda ISPA pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi/probable COVID-19. Serta orang dengan ISPA berat/pneumonia berat yang membutuhkan perawatan di rumah sakit dan tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan.
Baca juga: Bupati Berau Muharram positif COVID-19
Baca juga: Jakarta darurat corona, kembali diberlakukan PSBB