Terinspirasi Sandiaga, Gifari Zakka sukses ciptakan lapangan kerja lewat pengembangan oleh-oleh

id Sandiaga

Terinspirasi Sandiaga, Gifari Zakka sukses ciptakan lapangan kerja lewat pengembangan oleh-oleh

Gifari Zakka Adha selaku CEO PT Leholeh Rasa Nusantara Jaya terinspirasi dari Founder OK OCE Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno. Istimewa

Tarakan (ANTARA) - Founder OK OCE Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno mengatakan lewat inovasi yang dihadirkan, budaya lokal justru merupakan peluang usaha potensial sekaligus penciptaan lapangan kerja.

Pesan tersebut disampaikan Sandi dalam peresmian PT Leholeh Rasa Nusantara Jaya yang digelar di bilangan Sindang Reret, Bandung, Sabtu (10/10)

Dalam kesempatan tersebut, Sandi mengaku salut atas keberanian Gifari Zakka Adha selaku CEO PT Leholeh Rasa Nusantara Jaya.

Sebab, tidak hanya merintis usaha di tengah pandemiCOVID-19, pemuda berusia 23 tahun itu diungkapkan Sandi berhasil mengembangkan aplikasi bernama Leholeh yang mengadopsi kearifan lokal, khususnya makanan khas Nusantara.

Lewat aplikasi yang termasuk dalam kategori market place itu, Gifari dijelaskannya mampu menghubungkan antara penjual dengan pembeli yang menginginkan makanan khas suatu daerah.

Sehingga, masyarakat hanya cukup mengakses aplikasi Leholeh tanpa harus bepergian ke suatu daerah.

"Saya jadi ingat lagu 'Semua Ada di Sini' yang dinyanyiin Enno Lerian, jadi mau makan makanan khas Nusantara apa aja itu nggak perlu lagi pergi jauh-jauh, semuanya ada di sini," kata Sandi.

Lewat aplikasi ini semuanya terhubung secara digital, antara penjual dengan pembeli. Terciptanya ekosistem baru ini akan memacu geliat usaha di akar rumput yang berdampak kepada pemulihan ekonomi saat ini.

Inisiatif yang diambil Gifari pun menurut Sandi sangat tepat sebab, pandemi COVID-19 ditegaskannya tidak boleh menghentikan langkah untuk terus berinovasi dan menciptakan lapangan pekerjaan.

"Jangan pernah berhenti untuk terus berinovasi dan terus semangat membuka lapangan pekerjaan. Karena badai akan berlalu, ekonomi akan membaik," ungkap Sandi bersemangat.

Peluang Usaha

Aplikasi Leholeh dipaparkannya menawarkan beragam kemudahan, baik bagi penjual maupun pembeli.

Lewat aplikasi tersebut, masyarakat tidak perlu datang mengantri toko oleh-oleh serta menghabiskan waktu untuk berkeliling dari toko ke toko untuk mencari oleh-oleh.

Begitu juga dengan produsen maupun penjual, mereka katanya dapat dengan mudah memasarkan produk masing-masing secara online.

"Contoh ada seseorang yang ingin makan makanan khas Bandung, kalau dihitung ada banyak pengeluaran, mulai dari ongkos sampai waktu. Tapi lewat aplikasi ini, kita bisa pilih dan langsung pesan," kata Gifari.

Selain itu, alasan dirinya meluncurkan aplikasi Leholeh bertujuan untuk membantu para penjual makanan khas Nusantara.

Karena diketahui, kebanyakan makanan khas yang dijual hanya laris pada saat musim liburan. Padahal, menurutnya, makanan khas Indonesia ini banyak peminatnya.

"Kita coba berikan solusi atas permasalahan yang dihadapi para pelaku usaha, agar makanan khas tidak hanya laris pada saat musim libur," kata Gifari.

Lewat aplikasi ini juga kita sampaikan sejarah makanan khas suatu daerah. Tujuannya agar masyarakat Indonesia paham tentang sejarah makanan khas yang ada di Indonesia.
Baca juga: Sandiaga : pelaku usaha harus terus kreatifitas hadapi situasi sulit
Baca juga: Sandiaga tawarkan sistem kegerus pada petani atasi harga jual