Gempa bumi goncang Bulungan, tak berpotensi tsunami

id Gempa bulungan

Gempa bumi goncang Bulungan, tak berpotensi tsunami

Gempa bumi goncang Bulungan, tak berpotensi tsunami

Tanjung Selor (ANTARA) - Gempa bumi tektonik Magnitudo 4.0 goncang Tanjung Selordan sekitarnya, Kabupaten Bulungan, Kaltaranamun tak berpotensi tsunami pada Sabtu (8 Mei 2021), pukul 05:41:12 Wita,.

Dilaporkan sejumlah warga berlari keluar rumah usai merasakan goncangan cukup terasa usai Shalat Subuh atau 05,41Wita.

"Terasa cukup kencang, hanya satu kali terjadi beberapa detik," kata Isro, warga Tanjung Selor.

Hal senada diungkapkan sejumlah warga di Tanjung Palas.

Serta sosial media dipenuhi oleh postingan tentang gempa karena kejadian seperti ini termasuk langka.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki parameter M=4.0 terjadi pada koordinat episenter pada 2.82 LU dan 117.35 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 41 km Tenggara Bulungan - Kaltara pada kedalaman hiposenter 11 km.

Data itu seperti rilis Kepala Stasiun Geofisika Manado Tony Agus Wijaya diterima Sabtu (8 Mei 2021)

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kedalaman dangkal akibat adanya aktifitas sesar lokal di wilayah tersebut.

"Berdasarkan laporan masyarakat gempa bumi ini dirasakan di Kabupaten Bulungan dengan intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)," katanya.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulakan gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini
tidak berpotensi tsunami.

Hingga hari Sabtu, 8 Mei 2021 pukul 05:42:00 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara dan sekitarnya dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (username: pemda password: pemda-bmkg) atau infobmkg.

Baca juga: Gempa magnitudo 4,4 goncang Kaltara