SMN Sulsel dibekali soal perbatasan RI-PNG

id smn,bhun,siswa sulsel,pamtas ri png papua

SMN Sulsel dibekali soal perbatasan RI-PNG

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 713/ST Mayor Ind Donny Gredinand (kiri) saat mengenalkan soal perbatasan RI-PNG kepada peserta SMN 2019 asal Sulsel saat berkunjung. (ANTARA / Alfian Rumagit)

Jayapura (ANTARA) - Para peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 asal Sulawesi Selatan menerima pembekalan dari Komandan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Yonif 713/ST Mayor Inf Donny Gredinand di Pos Kotis Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua, Senin.

Dalam pembekalan yang berlangsung kurang lebih 30 menit itu, Dansatgas Donny menerangkan tentang kedaulatan bangsa dan perbatasan RI-PNG, termasuk apa saja tugas sebagai satgas pamtas.

"Bangsa kita, bangsa yang besar dari Sabang sampai Merauke, di sini di Kota Jayapura RI berbatasan langsung dengan negara tetangga Papua New Guinea, kami dari Yonif 713/ST bertugas menjaga perbatasan," katanya

Di perbatasan RI-PNG, kata dia, banyak hal yang bisa ditemui, ada kampung, pasar dan aktivitas jual beli warga antardua negara, termasuk bisa menikmati pemandangan alam setempat dan kompleks Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw.

"Pengalaman mengesankan bagi kami adalah ketika membantu warga saat dalam kesusahan. Kami hadir di sini bukan saja untuk menjaga perbatasan, kedaulatan bangsa tetapi juga memberikan manfaat bagi warga setempat," katanya.

Usai menerima pembekalan dan pengenalan soal perbatasan, peserta SMN asal Sulsel berpose bersama personel Yonif 713/ST yang baru sepekan melaksanakan tugas menjaga perbatasan.

Peserta kemudian berkunjung ke PLBN dan ke titik nol batas, berswafoto di patung Garuda bersama personel 713/ST dan guru pendamping.

Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan momentum pertukaran pelajar antarprovinsi yang digagas oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh berbagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sebagai bagian dari rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN).

Tahun ini di Provinsi Papua, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai BUMN PIC (koordinator) program SMN.

Siswa-siswi peserta SMN dari Papua dikirim ke Makassar, Sulawesi Selatan, dan peserta SMN Sulawesi Selatan ke Jayapura, Provinsi Papua. Kegiatan SMN 2019 akan berlangsung hingga 23 Agustus mendatang.

Baca juga: Peserta SMN asal Sulawesi Tengah belajar tarian Tor-Tor
Baca juga: Peserta SMN Gorontalo kunjungi PTPN XI PG Pagottan Madiun
 

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar