Bandung (ANTARA) - Prof Rina Indiastuti resmi dilantik menjadi rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) Periode 2019-2024 oleh Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Unpad, Rudiantara, di Graha Sanusi Hardjadinata Kampus Unpad Jalan Diponegoro Kota Bandung, Senin.

Prof Rina Indiastuti merupakan perempuan pertama yang berhasil menjabat Rektor Unpad. Pada pelantikan itu juga dihadiri Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil serta Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir.

Ketua MWA Unpad Rudiantara dalam sambutannya mengatakan, terima kasih kepada semua pihak karena setelah melalui proses yang panjang dan melelahkan hari ini pihaknya bisa melakukan pelantikan rektor baru Unpad.

"Alasan diulang (proses pemilihan rektor Unpad) satu-satunya hanya masalah (good) governance bagaimama prosesnya agar lebih transparan, adil, akuntabel bagi semua stakeholder maupun ekosistem Unpad," katanya.

Rudiantara mengatakan pada proses terakhir Rektor Unpad ada sembilan calon rektor yang disaring oleh senat akademik hingga akhirnya menghasilkan enam calon.

"Banyak yang menghubungi saya kenapa si ini enggak masuk, kenapa si itu enggak masuk. Sebelum jadi PTNBH proses (pemilihan rektor) seluruhnya oleh senat akademik," katanya.

Menurut dia dari enam kandidat calon rektor mereka tidak berkompetesi, tidak saling menjegal satu sama lain namun bisa saling melengkapi.

"Dan yang dipilih adalah yang cocok membawa Unpad lima tahun ke depan. Pemilihan kemarin buat aklamasi. Aklamasinya kita mufakat, kita mufakat dulu baru bermusyawarah mufakat," katanya.

 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019