Menkes : Jaga kesehatan guna hindari terkena virus

id wuhan

Menkes : Jaga kesehatan guna hindari terkena virus

Sosialisasi gejala dan bahaya 'Pneumonia Wuhan' di Rumah Sakit Kandou. (1)

Manado (ANTARA) - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, agar terhindar dari virus termasuk 'Corona Virus' disarankan tetap menjaga kesehatan agar badan tetap prima.

"Semua virus berbahaya, kalaupun ada petugas medis yang meninggal kita pantau karena umurnya sudah tua, artinya ketahanan tubuh menjadi lemah," sebut Menkes di Manado, Senin.

Karena itu menurut Menkes, apabila kondisi tubuh tetap sehat dan prima maka virus tidak akan masuk.

"Virus itu juga akan sembuh sendiri di badan kita. Virus apa saja berbahaya, tetapi itu menjadi lebih berbahaya kalau kondisi badan kita lemah," ujarnya.

Karena itu sebut Menkes minta kepada jajarannya terus mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Germas mencuci tangan misalkan.

"Bersin jangan dibagi-bagi, yang di sebelah kiri dan kanan pasti merasa tidak nyaman," ajaknya.

Menurut Menkes, ketika ada turis di bandara tidak apa-apa, karena kesehatannya ketika masuk ke Indonesia sudah di-declare.

Sebelumnya, seorang penerjemah maskapai Lion Air diisolasi ke Rumah Sakit Kandou karena merasakan pilek usai melakukan perjalanan dari Guangzhou, China.

Setelah mendapatkan penanganan petugas medis, kru Lion Air tersebut kesehatannya membaik bahkan sudah meminta kembali ke rumah.

Meski begitu, aparat medis masih tetap mengisolasi sambil menunggu hasil uji laboratorium setelah diambil darah dan spesimen yang berada di tenggorokan.***3***

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar