Bupati minta jaminan TKA Tiongkok ke Gorontalo Utara bebas corona

id Virus corona

Bupati minta jaminan TKA Tiongkok ke Gorontalo Utara bebas corona

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin. ANTARA/Susanti Sako

Gorontalo (ANTARA) - Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin meminta jaminan dari para tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok yang akan masuk ke daerah itu, bahwa mereka dinyatakan bebas dari serangan virus corona.

"Kita belum tahu persis kota-kota apa saja di Tiongkok yang aman dan tidak aman, serta dari kota mana saja para TKA tersebut berasal maupun bepergian," kata dia di Gorontalo, Senin.

Dua langkah antisipasi diambil pemerintah kabupaten untuk mencegah masuknya virus corona di daerah tersebut, mengingat sekitar 80 orang TKA asal Tiongkok akan kembali memasuki wilayah itu melalui beberapa bandara di Indonesia.

Ia mengatakan pemkab akan membangun komunikasi dengan pihak Imigrasi, agar mereka yang masukIndonesia hingga daerah itu, sudah dinyatakan bebas virus corona.

Ia mengatakan tentang pentingnya karantina bagi setiap TKA asal Tiongkok, mengingat virus corona tidak hanya ada di Kota Wuhan, namun sudah menyebar, termasuk ke Beijing, China.

Baca juga: Petugas Karantina Kesehatan Perketat Pemeriksaan WNA di Bandara Luwuk

Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Utara pun telah mengikuti pertemuan yang digelar Pemerintah Provinsi Gorontalo.

"Maka permintaan itu diminta ikut disampaikan pada pertemuan tersebut," katanya.

Para TKA asal Tiongkok yang bekerja di lokasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tomilito di Desa Tanjung Karang, Kecamatan Tomilito, diketahui memilih kembali ke negaranya untuk merayakan Imlek.

"Untuk memastikan mereka sehat saat kembali ke Indonesia hingga ke Gorontalo Utara, pihak Imigrasi diharapkan melakukan karantina hingga dipastikan mereka aman meskipun sudah melewati tahapan pemeriksaan kesehatan di negaranya," kata dia.

Ia juga menjelaskan bahwa pemkab akan menggelar pertemuan dengan forum koordinasi pimpinan daerah terkait guna menyiapkan langkah-langkah kewaspadaan mencegah masuknya virus corona.

Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi setempat diminta segera membangun komunikasi dengan pihak Imigrasi terkait dengan upaya mengarantina TKA asal Tiongkok sebelum masuk Gorontalo, melalui Bandara Djalaludin, Bandara Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara, maupun Bandara Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan.

Baca juga: Tujuh turis China sempat dirawat medis di Kepri, semua negatif corona
Baca juga: Wisatawan China batal liburan ke Lombok dampak virus corona
Baca juga: Disdik Tabalong pantau kondisi siswa Tabalong di Tiongkok

Pewarta : Susanti Sako
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar