"Penyerahan turut diikuti calon orang tua baru bayi tersebut," kata Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Palangka Raya Kompol dr Anton Sujarwo, Senin.
Palangka Raya (ANTARA) - Bayi laki-laki yang buang ke semak-semak di Jalan RTA Milono Km 4,5, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah beberapa waktu lalu secara resmi diserahkan ke Dinas Sosial (Dinsos) Kota Palangka Raya.

"Penyerahan turut diikuti calon orang tua baru bayi tersebut," kata Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Palangka Raya Kompol dr Anton Sujarwo, Senin.

Menurut Anton, selama lima hari, bayi tersebut dirawat secara intensif oleh dokter.

Selama lima hari itu kondisi bayi sangat sehat dan tanpa ada indikasi penyakit lain.

"Selama menjalani perawatan di sini kondisi bayi sehat dan tidak ada mengidap penyakit apa pun. Kemudian banyak pihak-pihak luar yang juga membantu baik dari pakaian dan susu," katanya.

Dia menyebutkan, serah terima bayi telah dilaksanakan ke Dinas Sosial Kota Palangka Raya, sehingga kewenangan terhadap bayi tersebut kini berada di tangan instansi tersebut.
Baca juga: Puluhan orang bersedia adopsi bayi yang dibuang di Palangka Raya

Terkait adanya informasi ditemukan orang tua asli sang bayi yang memiliki paras tampan tersebut, Anton tidak menampik mendengar informasi serupa. Meski demikian pihaknya tidak bisa berkomentar banyak, karena itu adalah kewenangan Dinsos dan Polresta Palangka Raya.

"Memang beberapa hari yang lalu bayi tersebut sempat dijenguk oleh bidan yang katanya membantu proses persalinan bayi itu. Mengenai penanganan lainnya kami serahkan semuanya ke Polresta Palangka Raya," ujar dia.

Kasat Reskrim Polresta Palangka Raya Kompol Todoan Agung Gultom menegaskan sampai saat ini penyelidikan masih dilakukan terkait identitas orang tua si bayi.

Bahkan anggotanya juga ada mencurigai sejumlah orang yang diduga adalah orang tua bayi tersebut. Namun, pihaknya belum bisa memastikan dan masih dalam penyelidikan.

"Pada intinya dalam perkara ini masih dalam penyelidikan hingga saat ini," kata dia.

Berdasarkan informasi di media sosial, banyak yang mengatakan bahwa orang tua dari bayi laki-laki tersebut sudah ditemukan.

Namun hal tersebut dibantah oleh pihak kepolisian setempat, sebab anggota yang menangani kasus temuan bayi tersebut masih melakukan penyelidikan.

Pewarta: Kasriadi/Adi Wibowo
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020