Kita berharap kegiatan lebih mempromosikan pariwisata Bangka Belitung ke seluruh penjuru dunia
Pangkalpinang (ANTARA) - Wakil Ketua Umum Mejelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat K.H. Muhyiddin Junaidi membuka seminar Bangka Belitung Internasional Halal sebagai rangkaian Kongres Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VII di Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung.

"Mudah-mudahan dengan seminar internasional seperti ini, kita bisa mengambil pelajaran penting bahwa sebuah perabadan di dunia diawali sebuah budaya berlandaskan agama," kata dia di Pangkalpinang, Rabu.

Ia optimistis Islam memberikan solusi yang terbaik atas berbagai persoalan dengan berpegang pada nilai-nilai agama sehingga dapat memberikan kebahagian, ketenangan, keharmonisan umat beragama di Indonesia.

"Kita berharap kegiatan lebih mempromosikan pariwisata Bangka Belitung ke seluruh penjuru dunia," ujarnya.

Baca juga: MUI inginkan Bangka Belitung "role model" industri halal Indonesia

Dia mengatakan seminar itu bagian yang tidak bisa dipisahkan dari konvensi umat Islam untuk memberikan penyadaran kepada masyarakat luas, bahwa Babel memiliki potensi industri, wisata halal yang besar.

"Kegiatan ini tentu menguntungkan bangsa Indonesia, khususnya Bangka Belitung, yang menawarkan destinasi wisata halal yang sangat eksotik," katanya.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan menyebut kegiatan itu merupakan strategi pemerintah provinsi setempat untuk halalisasi berbagai produk para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) secara cepat.

"Ini sudah merupakan suatu kewajiban dan jangan lagi kita berpolemik dengan siapa yang menyertifikasi halal, siapa timnya halal tersebut, karena akan menghabiskan energi kita, sementara negara lain sudah mencapai hal-hal yang sudah di luar kemampuan kita," katanya.

Seminar Bangka Belitung Internasional Halal itu diikuti seluruh jajaran MUI se-Indonesia, 150 perserta dari pemerintah provinsi, kabupaten/kota, dan 10 perwakilan dari negara-negara yang telah menerapkan produk dan wisata halal.

Baca juga: Wapres minta PHRI dukung layanan halal di berbagai destinasi wisata
Baca juga: KUII VII di Babel bakal dihadiri 1.000 ulama se-Indonesia dan ASEAN
Baca juga: Wapres akan hadiri KUII VII di Bangka Belitung

Pewarta: Aprionis
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020