Manado (ANTARA) - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Prof. Widodo Muktiyo mengatakan, komunikasi bisa melahirkan kecerdasan dan menghadirkan situasi harmonisasi sehingga antarmasyarakat saling melindungi.

"Komunikasi juga bisa memunculkan produktivitas kerja. Ini yang harus dimengerti," sebut Dirjen pada acara "Rakor Sinergi Media Sosial Aparatur Sipil Negara (Siman) dan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Pengelola Media Wilayah Indonesia Timur, di Manado, Jumat.

Baca juga: Kemkominfo: Revitalisasi Monumen Pers sambut peradaban baru

Menurut Dirjen, di Kemkominfo sudah ada "Tol Langit", dan kebutuhan pokok saat ini sudah tidak hanya makan dan minum tetapi juga wifi dan kuota, sehingga pengelola informasi tidak sekadar menyediakan infrastruktur tetapi mengikuti bagaimana infrastruktur tersebut dikonsumsi dengan benar dan akhirnya masyarakat sehat.

"Ini saya kira penting, sehingga dalam konteks mengkonsumsi informasi yang semakin terbuka membutuhkan kedewasaan dalam artian kita bangun literasi media sosial sehat," ujarnya.

Kemkominfo maupun Kemenko Polhukam dan semua pemangku kepentingan termasuk mengajak teman-teman yang peduli bidang teknologi medsos, anak anak muda milenial berempati tentang kebutuhan informasi publik.

"Jangan sampai kita ngomong sendiri tapi publik tidak merespons karena tidak ada rasa empati. Karena itu kita ingin meningkatkan kompetensi komunikasi," sebutnya.

Baca juga: Kominfo tekankan tiga pilar transformasi digital Indonesia

Dirjen juga berharap masyarakat memilih media yang tepat sebagai sumber informasi di era multy platform saat ini.

"Mencari informasi tentang pemerintah tidak hanya bisa melalui web ataupun medsos pemerintah, bisa di cari di mana-mana sehingga seluruh arah program yang kita gelontorkan adalah informasi benar yang menyehatkan publik," sebutnya.

Tips bagaimana ber-medsos yang sehat, sebut Dirjen, hanya dikembalikan ke hati nurani.

"Kalau membaca dan melihat kayaknya tidak mungkin, ya jangan dilanjutkan, begitupun di dunia whatsApp, kalau memang tidak cocok left saja, clear, daripada otak kita pusing, waktu habis dan kemudian tidak produktif dan perilaku bisa terpengaruh," katanya.

Baca juga: Kominfo akan tetapkan mekanisme blokir IMEI pekan ini

Baca juga: Kominfo temukan 127 hoaks terkait virus Corona

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2020