Jakarta (ANTARA) - Di samping masalah gangguan kesuburan, gaya hidup tidak sehat juga bisa meningkatkan risiko sulit memperoleh keturunan.

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan konsultan fertilitas, endokrinologi dan reproduksi RS Pondok Indah, Jakarta Selatan, Shanty Olivia Jasirwan, menyebutkan setidaknya ada sembilan kebiasaan buruk yang bisa menghambat pasangan mendapatkan keturunan.

Baca juga: Pola makan yang membuat jumlah sperma lebih banyak

Baca juga: Makanan yang bisa percepat terjadinya kehamilan


Berikut ulasan singkatnya seperti dalam siaran pers yang diterima Antara, ditulis Rabu ini:

1. Menunda menikah dan hamil

Menunda menikah atau kehamilan misalnya karena ingin mengejar karir bisa menjadi salah satu penyebab pasangan suami istri sulit mendapatkan keturunan.

Kesuburan wanita akan menurun seiring bertambahnya usia, terutama usia di atas 37 tahun. Pada saat usia itu, kuantitas dan kualitas sel telur menurun cepat dan akan merosot drastis hingga akhirnya menopause.

2. Merokok

Kebiasaan merokok tidak berdampak buruk pada kesuburan tetapi juga kesehatan secara umum. Pada pria, merokok menyebabkan turunnya produksi sperma, motilitas dan morfologi yang normal. Selain itu, kebiasaan merokok juga berefek pada kerusakan DNA sperma.

Pada wanita, kandungan rokok dapat mengacaukan hormon, mempengaruhi kualitas sel telur.

3. Tidak jaga berat badan normal

Berat badan, baik berlebihan atau kurang, memiliki efek samping kesehatan yang cukup luas termasuk pada kesuburan. Berat badan yang tidak ideal diartikan indeks massa tubuh kurang dari 20 atau lebih dari 25.

Pada wanita, berat badan tidak ideal bisa memicu gangguan kesuburan akibat ketidakseimbangan hormonal dan gangguan ovulasi.

Sementara pada pria, beberapa penelitian membuktikan obesitas dapat menurunkan kualitas semen, konsentrasi, motilitas sperma dan kerusakan DNA sperma.

Sebuah studi di luar negeri juga membuktikan disfungsi ereksi juga bisa disebabkan faktor kegemukan.

Selain obesitas, berat badan rendah juga memiliki risiko menurunkan konsentrasi sperma.


4. Olahraga berlebihan

Kebiasaan ini berefek negatif pada keseimbangan energi pada tubuh yang mempengaruhi sistem reproduksi. Jika kebutuhan energi melebihi jumlah asupan makanan, maka keseimbangan negatif akan terjadi dan berefek pada gangguan pusat pengatur hormon di otak. Akhirnya, terjadilah siklus haid yang tidak teratur pada wanita.

Contoh olahraga disebut berlebihan, melakukan kegiatan bersepeda atau aerobik lebih atau selama 4 jam per minggu.

Pada laki-laki, olahraga berlebihan bisa menurunkan semua parameter sperma.


5. Stres psikologis

Pada wanita, stres berimplikasi pada sistem hormonal, imunologi dan sistem saraf otonom yang secara tidak langsung berefek pada kemampuan reproduksinya.

6. Konsumsi kafein berlebihan

Kebiasaan ini bisa mempengaruhi fungsi reproduksi wanita dengan mengganggu fungsi ovulasi dan perubahan kadar hormon.

7. Kebiasaan mengonsumsi alkohol

Walaupun banyak studi yang mengaitkan alkohol dengan infertilitas, namun belum terlalu jelas berapa besar jumlah yang berhubungan dengan meningkatnya risiko tersebut. Pada pria, konsumsi alkohol berdampak negatif terhadap kesuburan seperti mengecilnya buah zakar, menurunnya libido, menurunnya jumlah dan volume sperma.

Konsumsi alkohol juga memiliki efek yang bervariasi terhadap kesuburan wanita, antara lain menurunnya angka penempelan janin di rahim, meningkatnya angka keguguran dan kematian janin, disfungsi ovulasi, dan perkembangan embrio (janin) yang abnormal.

8. Paparan tinggi polutan dan zat-zat kimiawi

Seperti dilansir dari Reproductive Science Center of New Jersey, beberapa bahan kimia disebut dapat menciptakan hormon wanita dalam tubuh pria yang mengakibatkan menurunnya produksi sperma.

Pestisida, herbisida, dan insektisida adalah contoh bahan kimia yang dapat memengaruhi kemampuan sperma dalam membuahi sel telur.

9. Sering terpapar suhu yang tinggi

Suhu udara yang terlalu tinggi terutama di sekitar buah zakar, misalnya kolam air panas atau sauna terbukti dapat mengganggu kesuburan pada laki-laki akibat produksi sperma yang berkurang.

Selain itu, celana ketat juga menyebabkan suhu di sekitar buah zakar menjadi lebih tinggi, yang kemudian dapat berdampak buruk pada kualitas sperma

Baca juga: Suplemen minyak ikan dapat tingkatkan kesuburan pria muda

Baca juga: Hidup sehat dan hindari obesitas untuk menjaga kesuburan

Baca juga: Stres dapat turunkan kualitas sperma











 

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020