Dompet Dhuafa siap tempatkan 1000 bilik sterelisasi di ruang publik

id dompet dhuafa,bilik sterilisasi,corona,covid-19

Dompet Dhuafa siap tempatkan 1000 bilik sterelisasi di ruang publik

Tim dari Dompet Dhuafa menjelaskan penggunaan bilik sterilisasi menjelaskan penggunaan bilik sterilisasi, Jakarta, Jumat (27/3/2020). ANTARA/HO/Dompet Dhuafa/pri.

Jakarta (ANTARA) - Lembaga filantropi Dompet Dhuafa siap menempatkan 1000 bilik sterilisasi di berbagai ruang publik dan fasilitas umum di wilayah Jabodetabek untuk menekan penularan virus corona.

Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa, Imam Rulyawan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, mengatakan saat ini pihaknya sudah memasang 4 unit bilik sterilisasi di RSD Wisma Atlet Kemayoran untuk mencegah penularan dari luar serta membantu para tenaga medis yang berjuang melawan COVID-19.

"Ini merupakan upaya kami untuk membantu meminimalisasi penyebaran virus dengan pembersihan badan saat masuk ruang kerja," ujarnya.

Dia menambahkan Dompet Dhuafa dalam aksi cegah tangkal penyebaran virus Corona telah menerjunkan tim Disaster Management Centre (DMC DD) yang dilengkapi alat pelindung diri (APD).

Selama 16- 27 Maret 2020, pihaknya telah melakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan di berbagai area, yaitu 68 fasilitas pendidikan, 52 perkantoran, 175 Majid, 21 Gereja, 1 Vihara.

Selanjutnya, 2 panti asuhan, 7 fasilitas umum, 9 faskes/UKBM, seluruh stasiun LRT, 7 pemukiman, 4 rumah makan, 52 kantor, 3 kawasan wisata, 6 bank, dan 2 rangkaian LRT.

Sementara untuk penempatan bilik disinfektan (Desinfection Chamber) sudah dialokasi berbagai tempat, seperti 24 fasilitas kesehatan, 11 kantor, 4 fasilitas umum atau sosial dan 1 Statiun MRT serta terdapat lebih 15.000 relawan Dompet Dhuafa dari beragam bidang untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Saat ini, Dompet Dhuafa menyiagakan 30 unit ambulans, 8 rumah sakit, 21 klinik dan layanan kesehatan untuk melayani masyarakat, dan merujuk ke rumah sakit yang ditunjuk bila ditemukan indikasi COVID-19.

Ada tiga rumah sakit Dompet Dhuafa yang disiapkan, di antaranya RS Rumah Sehat Terpadu (RS RST) Dompet Dhuafa di Parung, Bogor sebagai rujukan Dinas Kesehatan Bogor.

Selain itu, ada RS Kartika Pulomas, Jakarta Timur yang menggelar sosialisasi kepada pasien. Dompet Dhuafa juga menyiapkan 21 klinik jaringan pelayanan medis.

"Kami akan terus melanjutkan pendistribusian ini dengan target 1000 titik di berbagai epicentrum penyebaran COVID-19. Diutamakan fasilitas umum, seperti rumah sakit, terminal, stasiun, MRT, bandara, kantor pelayanan publik, dan area publik lainnya," ujar Direktur DMC Dompet Dhuafa Benny.
 

Pewarta : Subagyo
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar