Jakarta (ANTARA) - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo mengatakan tanah longsor yang terjadi di Kelurahan Botong, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan pada Sabtu (4/4) dini hari menyebabkan tiga orang warga meninggal dunia.

"Tanah longsor dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi sejak sore sebelumnya," kata Agus melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu.

Baca juga: BNPB: Dua warga hilang akibat longsor di Kabupaten Tanah Datar

Agus mengatakan tanah longsor yang terjadi di wilayah Kecamatan Makale Selatan pada pukul 00.00 WITA itu mengakibatkan satu unit rumah rusak berat dan satu titik jalan nasional terputus karena tertimbun material longsor. Sebanyak 20 kepala keluarga terpaksa mengungsi ke rumah kerabat terdekat.

Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tana Toraja masih melakukan kaji cepat untuk mendapatkan perkembangan data dan informasi serta melakukan evakuasi para korban bersama unsur TNI/Polri, Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) dan warga setempat. (TZ.D018)

Baca juga: Longsor putus akses selingkar Wilis di Trenggalek
Baca juga: Tanah longsor dan banjir melanda sejumlah wilayah di Banyumas

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020