Makassar (ANTARA) - Polres Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, mengerahkan "Armoured Water Canon" (AWC) dalam penyemprotan cairan disinfektan di beberapa bagian kota Makassar untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Paur Humas Polres Pelabuhan Makassar Iptu Tumiar di Makassar, Selasa, mengatakan, penyemprotan menggunakan mobil "water canon" untuk mengantisipasi penularan COVID-19 melalui virus yang menempel di banyak tempat.

"Ini salah satu upaya kami dalam menangani penularan wabah virus corona ini. Kita minimalisir dengan menyemprotkan disinfektan," ujarnya.

Ia mengatakan, penyemprotan massal ini merupakan tindak lanjut surat telegram yang dikeluarkan oleh Kapolri Jendral Idham Azis dengan nomor ST/868/III/KEP./2020 tanggal 13 Maret 2020 yang ditandatangani oleh Wakapolri tentang Antisipasi Perkembangan Pandemik Virus Corona (COVID-19).

Isi telegram tersebut adalah penyemprotan disinfektan secara massal untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran COVID-19.

Baca juga: PMI Jaksel terima bantuan 200 paket dari donatur

Menyikapi hal tersebut, Polres Pelabuhan Makassar mengerahkan mobil "water canon" untuk menyemprotkan disinfektan secara massal di beberapa ruas jalan dan perumahan di Kota Makassar.

Bahkan dengan menggandeng unsur dari TNI serta instansi lainnya sebagai upaya bersama dalam mencegah penyebaran COVID-19 di Sulsel khususnya di Makassar.

Selain penyemprotan, pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk senantiasa membatasi diri dengan tidak keluar rumah atau menjaga jarak sosial (physical distancing) demi memutus mata rantai penularan COVID-19.

"Jadi sekali jalan, penyemprotan disinfektan berjalan sosialisasi lewat pengeras suara juga kita lakukan. Di mobil 'water canon' itu ada pengeras suaranya dan langsung kita edukasi masyarakat," katanya.
Baca juga: PSBB Jakarta diharapkan diperluas ke Bodetabek

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020