FPKS apresiasi pembentukan Satgas Lawan COVID-19 DPR

id FPKS,COVID-19

FPKS apresiasi pembentukan Satgas Lawan COVID-19 DPR

Ketua FPKS DPR RI Jazuli Juwaini menyerahkan sumbangan hasil gerakan pemotongan gaji anggota legislatif di pusat dan daerah bulan April untuk jaring pengaman sosial PKS melalui bantuan langsung paket sembako. (Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini mengapresiasi langkah pimpinan DPR membentuk Satgas Lawan COVID-19 karena menunjukkan sensitivitas dan kepedulian DPR untuk bersama-sama menangani pandemi dengan menghimpun dan menyalurkan bantuan langsung berupa alat pelindung diri (APD) dan paket kebutuhan masyarakat.

"Fraksi PKS mengapresiasi inisiatif pembentukan Satgas Lawan Covid-19 DPR yang dipimpin Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad. Tim tersebut seharusnya dibentuk sejak awal munculnya kasus COVID-19 sebagai bentuk keberpihakan DPR kepada rakyat," kata Jazuli dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Baca juga: FPKS DPR dukung pemerintah ambil langkah konkret atasi COVID-19

Dia menegaskan bahwa FPKS DPR RI sudah sejak awal kasus pandemi COVID-19 bergulir menginstruksikan anggotanya dengan berbagai langkah dan gerakan.

Jazuli mencontohkan mulai dari gerakan membagikan masker dan disinfektan gratis, kemudian potong gaji anggota FPKS bulan Maret untuk APD tenaga medis.

"Kami juga telah potong gaji bulan April untuk paket sembako bagi warga. Gerakan anggota Fraksi PKS masih berjalan hingga saat ini di dapilnya masing-masing," ujarnya.

Baca juga: FPKS: Mosi Integral Natsir momentum persatuan hadapi COVID-19

Selain itu, menurut dia, Fraksi PKS sejak awal sudah membentuk Tim Penanganan COVID-19 Fraksi PKS (TPC-FPKS) yang diketuai Netty Prasetyani dan mengajak seluruh elemen masyarakat termasuk fraksi-fraksi di DPR untuk bersama-sama membantu para tenaga medis yang kekurangan APD dan masyarakat luas yang terpukul ekonominya karena COVID-19.

Anggota Komisi I DPR itu berharap satgas bentukan DPR ini bisa menggalang bantuan signifikan dari para anggota DPR dan pihak-pihak yang peduli sehingga bisa secara konkret dan signifikan membantu kebutuhan APD bagi tenaga medis dan rumah sakit.

Baca juga: Fraksi PKS DPR potong gaji anggotanya beli APD bagi tenaga medis

"Selain itu juga bisa membantu memberikan kebutuhan pokok khususnya bagi para pekerja informal dan harian yang terputus penghasilannya akibat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan 'phisycal distancing'," katanya.

Jazuli menilai sudah saatnya semua elemen berkolaborasi dan bahu membahu membantu rakyat dan pahlawan medis untuk menghadapi wabah COVID-19, dan DPR hadir langsung mengatasi dampak virus tersebut.

Baca juga: FPKS: Pemerintah agar lakukan strategi komprehensif atasi COVID-19

Dia berharap energi dan pikiran DPR dicurahkan untuk mengarahkan dan mengawasi kebijakan pemerintah agar efektif mengatasi laju persebaran pandemi COVID-19 sehingga wabah tersebut segera bisa diakhiri.

Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar