Syamsudin ajukan surat pengunduran diri sebagai Ketua DPRD Inhu

id ketua dprd inhu, berita inhu, indragiri hulu, dprd inhu

Syamsudin ajukan surat pengunduran diri sebagai Ketua DPRD Inhu

Ketua DPRD Inhu Syamsudin. (ANTARA/Asripilyadi)

Pekanbaru (ANTARA) - Syamsudin mengajukan surat pengunduran diri sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hulu karena masalah kesehatan.

"Benar saya sudah mengajukan surat pengunduran diri. Dan berharap sesegera diproses. Saya mundur karena alasan pribadi terutama masalah kesehatan," kata Ketua DPRD Indragiri Hulu (Inhu) Syamsudin di Rengat, Selasa.

Syamsudin menyebutkan, akhir-akhir ini kondisi kesehatannya semakin menurun, dan dia berkonsentrasi untuk melakukan pengobatan. Kondisi itu dikhawatirkan akan mengganggu dalam menjalankan tugas sehari-hari sebagai ketua DPRD Inhu.

Baca juga: Warga pertanyakan anggaran rumah dinas DPRD Inhu

Syamsudin mengatakan surat pengunduran dirinya sudah disampaikan kepada Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golongan Karya (Golkar) Indragiri Hulu Yopi Arianto sejak 2 Januari 2020 lalu.

Saat ini dirinya sedang menunggu keputusan Partai Golkar sebagai pengusung yang merekomendasikannya menjadi Ketua DPRD. Apakah akan diterima surat pengunduran diri tersebut atau tidak. 

"Kita lihat hasilnya nanti," sebut Syamsudin.

Ia mengatakan, sebagai pemenang Pemilu di Inhu dengan perolehan enam kursi, Golkar berhak menempatkan kadernya menjadi Ketua DPRD Inhu untuk masa periode 2019-2024.

Baca juga: Belva Devara mundur sebagai Staf Khusus Presiden Jokowi

Ketua DPD II Golkar Inhu, Yopi Arianto saat diminta keterangannya membenarkan sudah menerima surat pengunduran diri Syamsudin sebagai ketua DPRD Inhu.

"Benar saya sudah terima, tapi tentunya semua butuh proses," tegasnya.

Proses itu menurut dia. perlu pertimbangan. Untuk mengundurkan diri tidaklah mudah meski alasan kesehatan bisa dimaklumi semua pihak.

Sementara Pengamat Hukum Indragiri Hulu Alhamran Ariawan, SH, MH mengatakan terkejut atas pengajuan pengunduran diri Ketua DPRD Inhu Syamsudin.

Baca juga: Manajemen akui Manajer Persik Kediri mundur

Menurut dia, bila memang pengajuan tersebut diterima, maka sebaiknya segera ditetapkan penggantinya.

"Jika diterima sebaiknya dilakukan sesegera mungkin agar kinerja di lembaga tersebut berjalan optimal. Sah saja kesehatan menjadi alasan untuk mengundurkan diri," ujarnya.

Pewarta : Asripilyadi
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar