Menteri PPN rekomendasikan Sumut perkuat hilirisasi hasil pertanian

id Menteri PPN, hilirisasi hasil.pertanian, hasil perkebunan, dampak COVID-19

Menteri PPN rekomendasikan Sumut perkuat hilirisasi hasil pertanian

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa ketika membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Provinsi (Musrenbangprov) DKI Jakarta secara virtual di Jakarta, Kamis (23/4/2020). ANTARA/HO-KementerianPPN/Bappenas.

Medan (ANTARA) - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa merekomendasikan agar Pemprov Sumut mendorong transformasi ekonomi ke arah hilirisasi industri hasil-hasil pertanian dan perkebunan.

"Banyak yang bisa dilakukan Sumut untuk peningkatan ekonomi," ujarnya dalam video conference dengan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan wali kota, bupati se-Sumatera Utara, Kamis.

Selain mendorong transformasi ekonomi ke arah hilirisasi industri yang mengubah hasil - hasil pertanian dan perkebunan, arah kebijakan pembangunan Sumut lainnya adalah pengembangan pariwisata kelas dunia.

Kemudian mempercepat pembangunan sumber daya manusia dengan fokus peningkatan akses pelayanan kesehatan dan peningkatan pendidikan vokasional.

Dia juga menegaskan pentingnya meningkatkan produktivitas budi daya pertanian yang sebagian besar merupakan usaha rakyat dan bernilai ekonomi cukup tinggi seperti kopi, hortikultura, karet, dan sawit.

Penguatan ketahanan dan kesiapan sistem kesehatan daerah dan memperkuat kapasitas pemerintah daerah dan desa dalam pengembangan ekonomi lokal dan pengelolaan dana desa juga sangat diperlukan.

Sumut yang memiliki potensi besar dalam banyak sektor harus mampu mengelolanya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Walaupun ada gangguan perekonomian dampak wabah COVID-19, namun dengan segala potensinya, Sumut diharapkan bisa mempertahankan atau segera bangkit setelah pandemi COVID -19 mereda.

Baca juga: Menteri PPN dorong DKI tingkatkan kinerja kesehatan atasi COVID-19
Baca juga: Menteri PPN/Bappenas minta kampus tidak cetak pengangguran terdidik
Baca juga: Menteri PPN: Pusat akan kelola pemerintahan di IKN

Pewarta : Evalisa Siregar
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar