London (ANTARA News) - Rombongan Kua Etnika yang terdiri dari 22 orang antara lain Djaduk Ferianto, Butet Kartaredjasa, Nano Riantiarno, Ratna Riantiarno dan Trie Utami, batal tampil di kota Klatovy dan Praha, Ceko karena tidak mendapatkan visa.

Rombongan tersebut rencananya akan tampil dalam pertunjukan yang digelar dari tanggal 9 hingga 14 Juli, namun hingga hari Minggu belum seluruh anggota rombongan mendapatkan visa schengen dari Kedutaan Besar Austria di Jakarta.

Sekretaris I Pensosbudpar KBRI Praha, Azis Nurwahyudi kepada koresponden ANTARA London, Minggu mengatakan pengambilan visa schengen dilakukan di Kedubes Austria karena rombongan Kua Etnik tampil di Festival Jazz di kota Wina, Austria pada tanggal 7-8 Juli.

Menurut Azis Nurwahyudi, pada saat keberangkatan visa schengen belum keluar, Kedutaan Austria di Jakarta akhirnya hanya mengeluarkan visa Austria dengan harapan visa Ceko bisa diperoleh di Wina.

"KBRI Praha dan KBRI Wina berupaya semaksimal mungkin membantu untuk mendapatkan visa masuk ke Ceko namun upaya tersebut sampai saat-saat terakhir tidak berhasil karena masalah aturan pengambilan Visa lokal masuk ke Ceko juga harus diambil dari Jakarta, tidak bisa dari Kedubes Ceko di Wina, Austria," kata Azis.

Kua Etnika menurut rencana akan tampil pada acara Folklore di Kota Klatovy pada 9-12 Juli 2009 sedangkan Monolog Butet Kartarejasa, Nano dan Ratna Riantiarno tampil pada 13 Juli 2009 di KBRI Praha dan pementasan Kua Etnika di City Library Hall Praha pada 14 Juli 2009. (*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009