COVID-19 dan vokasi adalah bagian dari cerita baru dunia
Jakarta (ANTARA) - Siswa SMK PP Negeri 1 Tegalampel, Bondowoso, Jawa Timur, menciptakan inovasi berupa teknik menanam tanpa pot ala Jepang yaitu menempatkan tanaman dalam bola tanah kemudian membungkusnya dengan moss (lumut/sabut kelapa).

Kepala SMK PP Negeri 1 Tegalampel Anik Sudartini dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Selasa, menyampaikan, siswanya mengembangkan teknik menanam unik yang diberi nama Smartpot Kokedama MIMOS.

“MIMOS ini merupakan hasil kolaborasi antara teknisi laboratorium kultur jaringan dan guru produktif di SMK PP Negeri 1 Tegalampel,” katanya.

MIMOS didesain dengan memiliki tiga sensor. Gas sensor membuat robot Kokedama dapat mencari cahaya sendiri sesuai intensitas cahaya yang dibutuhkan.

Sensor ultrasonik mampu membuat alat ini mempunyai fungsi avoider sehingga tidak menabrak ketika dioperasikan, sedangkan sensor terakhir digunakan untuk mendeteksi adanya polusi di dalam ruangan yang ditandai dengan bunyi alarm.

“MIMOS ini belum sempurna. Ke depan, akan dilengkapi dengan monitoris suhu, kelembaban ruangan, dan sistem keamanan sehingga kita dapat melakukan monitoring ruangan dimanapun kita berada,” ungkap Anik.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyambut baik inovasi yang diciptakan siswa SMK dan mengajak seluruh insan pendidikan vokasi pertanian untuk beradaptasi dalam menghadapi COVID-19.

Mentan mengatakan bahwa riset dan teknologi sangat penting dan akan memberikan kontribusi kuat untuk hadirnya petani yang menghasilkan pangan berkualitas.

“COVID-19 dan vokasi adalah bagian dari cerita baru dunia, di mana COVID-19 mengubah ke arah yang lebih digital dan berbasis teknologi”, kata Mentan.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menambahkan bahwa pendidikan vokasi pertanian ditujukan untuk membangun milenial pertanian Indonesia yang berkualitas, yang mampu menghasilkan ‘job creator’ dan ‘job seeker’.

“Untuk membangun milenial pertanian yang berkualitas tersebut, diperlukan tenaga pendidik maupun kependidikan yang juga berkualitas. Oleh sebab itu, segala inovasi yang diciptakan tenaga pendidik maupun kependidikan untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah vokasi patut kita apresiasi,” katanya.

Tim SMK PP Binaan Kementan-SMK PP Negeri 1 Tegalampel merupakan salah satu dari beberapa pendidikan vokasi yang mulai membiasakan diri dan beradaptasi di tengah pandemi.

Mereka menciptakan inovasi berupa Smartpot Kokedama MIMOS yang merupakan teknik menanam dari Jepang yaitu menempatkan tanaman dalam bola tanah kemudian membungkusnya dengan moss (lumut/sabut kelapa) lalu mengikatnya dengan tali dan biasanya dibentuk bulat.

Teknik menanam ini dianggap unik karena tidak menggunakan pot.

Baca juga: Produksi kopi arabika Bondowoso meningkat tiga kali lipat
Baca juga: Tiga pesona "kampung kopi" Bondowoso

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020