Pemberian paket data dengan bekerja sama Telkomsel itu untuk membantu kelancaran kuliah secara virtual.
Palu (ANTARA) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, menanggulangi pembiayaan paket data internet bagi 5.176 mahasiswa strata satu, dua dan tiga di masa pandemi virus corona jenis baru (COVID-19).

"Saat ini dalam pembagian/pemberian paket data internet kepada mahasiswa, dalam rangka memudahkan mahasiswa dalam proses kuliah daring di masa pandemi COVID-19," ucap Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd, di Palu, Selasa.

Lewat kebijakan Rektor Prof Dr Sagaf S Pettalongi MPd, setiap mahasiswa IAIN Palu menerima kuota data internet enam gigabyte untuk memudahkan mahasiswa mengikuti proses perkuliahan secara online. IAIN Palu dalam pemberian paket data itu, bekerja sama dengan pihak Telkomsel.

Kebijakan itu menyusul kebojakan IAIN Palu menerapkan model perkuliahan dengan sistem daring/online di masa darurat virus corona jenis baru.

"Kebijakan aktivitas perkantoran, pelayanan akademik, termasuk perkuliahan pada masa COVID-19, khususnya tentang normal baru menunggu kebijakan Pemerintah Pusat baik dari Kemenpan-RB maupun dari Kemenag Pusat," ucap Rektor.

Di IAIN Palu, kata Prof Sagaf, kegiatan pelayanan akademik dan perkantoran dilangsungkan dengan mengedepankan protokol kesehatan dengan tetap berlakukan pembatasan tatap muka.

Begitu pula dengan kegiatan perkuliahan di semua tingkatan strata baik strata satu, dua dan tiga, masih dilakukan secara daring/online oleh civitas akademik. Hal itu dalam rangka mendukung upaya pemerintah meminimalisasi penyebaran virus corona jenis baru (COVID-19).

Ia mengemukakan kegiatan pelayanan dengan model tersebut di lingkungan IAIN Palu belum dipastikan diperpanjang ataukah diberlakukan dengan menerapkan standar normal baru (new normal).

"Kita masih menunggu arahan lewat keputusan Pemerintah Pusat, apakah hal ini dilanjutkan ataukah akan dilaksanakan dengan standar normal baru," kata Prof Sagaf.

Rektor menegaskan jika aturan dari Pemerintah Pusat telah terbit, maka IAIN Palu siap menindaklanjuti kebijakan tersebut, termasuk kebijakan mengenai proses perkuliahan dengan penerapan standar normal baru.

"Kesehatan dan keselamatan bersama, menjadi prioritas bagi IAIN Palu. Namun tidak menyampingkan standar mutu dan kualitas pendidikan tingkat perguruan tinggi, termasuk di IAIN Palu harus tetap digenjot," sebut rektor.
 

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020