Kemarin kasus COVID-19 masih naik, pemerintah keluarkan panduan kurban

id covid indonesia,panduan idul adha,asteroid,dana kesehatan

Kemarin kasus COVID-19 masih naik, pemerintah keluarkan panduan kurban

Arsip Foto. Warga mengikuti tes cepat COVID-19 massal di wilayah Kecamatan Lakarsantri Surabaya, Jawa Timur. (ANTARA/Hanif Nashrullah)

Jakarta (ANTARA) - Pada Selasa (30/6) kasus infeksi virus corona penyebab COVID-19 masih naik di beberapa daerah dan Presiden Joko Widodo meminta para kepala daerah mempercepat pengucuran dana kesehatan dan bantuan sosial bagi warga yang terdampak pandemi COVID-19.

Selain itu ada warta mengenai penemuan asteroid serta penerbitan panduan pelaksanaan shalat Idul Adha dan menyembelih hewan kurban yang bisa disimak kembali dalam ringkasan berita berikut.

Kasus positif COVID-19 bertambah 1.293, pasien sembuh bertambah 1.006

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan pada Selasa pukul 12.00 WIB jumlah kasus positif COVID-19 bertambah 1.293 menjadi 56.385 orang dan pasien yang sembuh bertambah 1.006 menjadi 24.806 orang.

"Penambahan kasus baru pada beberapa provinsi yang cukup tinggi, yaitu di Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan," katanya.

Presiden minta daerah percepat pengucuran dana kesehatan dan bansos

Presiden Joko Widodo meminta para kepala daerah mempercepat pengucuran dana kesehatan dan bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

"Saya titip kepada gubernur, bupati, dan wali kota, agar anggaran anggaran yang berkaitan dengan kesehatan itu segera dikeluarkan karena ini menyangkut nanti peredaran uang yang ada di masyarakat," katanya di Posko Penanganan COVID-19 Provinsi Jawa Tengah di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Selasa.

"Yang kedua, yang berkaitan dengan belanja bantuan sosial juga disegerakan karena ini penting agar social safety net (jaring pengaman sosial) bagi warga kita terpenuhi terutama yang memang terkena dampak dari COVID-19 ini," katanya saat menyampaikan arahan berkenaan dengan penanganan COVID-19 terintegrasi di Provinsi Jawa Tengah melalui telekonferensi video.

Pemerintah terbitkan panduan shalat Idul Adha, sembelih hewan kurban

Kementerian Agama menerbitkan panduan penyelenggaraan shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban pada masa pandemi COVID-19, yang mencakup penerapan protokol kesehatan dalam kegiatan ibadah.

Panduan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Menteri Agama Nomor 18 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban Tahun 1441 H/ 2020 M Menuju Masyarakat Produktif dan Aman COVID-19, yang ditandatangani oleh Menteri Agama Fachrul Razi di Jakarta, Selasa.

Menurut panduan Kementerian Agama, shalat Idul Adha dan penyembelihan kurban dapat dilaksanakan di semua daerah, kecuali di tempat-tempat yang ditetapkan belum aman dari penularan COVID-19 oleh pemerintah daerah atau Gugus Tugas Penanganan COVID-19 setempat.

958.963 planet minor telah terdeteksi

Para astronom berhasil mendeteksi 958.963 asteroid atau planet minor di Tata Surya tiga hari menjelang Hari Asteroid Internasional pada 30 Juni.

“Pada 27 Juni 2020 sudah ditemukan 958.963 orbit asteroid. Bisa bertambah lagi dengan kemajuan teknologi, dan ukurannya bisa lebih kecil, lebih gelap dan semakin jauh,” kata astronom dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Endang Soegiartini dalam diskusi daring Asteroid Day.

Distribusi serpihan batu primitif yang diketahui terbentuk sekitar 4,6 miliar tahun lalu di Tata Surya itu, menurut Endang, ada di Sabuk Asteroid yang sebagian besar mengorbit di antara Mars dan Jupiter.

Serapan anggaran Kementerian Sosial tertinggi

Menteri Sosial Juliari P Batubara mengatakan saat ini realisasi penyerapan APBN 2020 Kementerian Sosial tertinggi dari seluruh kementerian dan lembaga. "Per hari ini penyerapan atau realisasi anggaran 2020 Kemensos mencapai 60,38 persen dari anggaran Rp104 triliun," katanya.


Pewarta : Anom Prihantoro
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar