Balik ke kampus, tes cepat digratiskan bagi mahasiswa Gorontalo Utara

id Tes cepat COVID-19,gorontalo utara,mahasiswa,pelaku perjalanan

Balik ke kampus, tes cepat digratiskan bagi mahasiswa Gorontalo Utara

Kepala Dinas Kesehatan Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo Rizal Yusuf Kune saat menjalankan tugas di perbatasan Gorontalo-Sulawesi Tengah. (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkab Gorontalo Utara/2020)

Gorontalo (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo Rizal Yusuf Kune mengatakan, pemerintah daerah menggratiskan tes cepat (rapid test) COVID-19 bagi para mahasiswa asal daerah itu yang akan melakukan perjalanan, seperti kembali ke daerah tempat kampus mereka berada.

"Banyak mahasiswa asal Gorontalo Utara yang menempuh pendidikan di luar daerah, mereka yang akan kembali dapat melakukan tes cepat di seluruh puskesmas di wilayah pelayanan sesuai alamat yang bersangkutan," katanya di Gorontalo, Selasa.

Pihaknya kata dia, telah mendistribusikan 500 alat tes cepat di seluruh puskesmas yang tersebar di 11 kecamatan, menyusul kewenangan yang diberikan kepada seluruh puskesmas untuk kegiatan tersebut.

Ia menjelaskan bahwa tes cepat gratis juga diberikan kepada para pelaku perjalanan yang melakukan aktivitas di sektor perekonomian, seperti pemasar ikan maupun komoditas pangan lainnya.

"Silakan melakukan tes cepat sesuai rekomendasi dokter, untuk memudahkan aktivitas ke luar daerah," katanya.

Rizal mengatakan, tes cepat bagi warga kabupaten tersebut dilakukan  untuk keperluan pemenuhan dokumen perjalanan ke daerah lain.

Ia menambahkan informasi itu perlu diedukasi ke masyarakat, yang dilakukan para petugas kesehatan termasuk seksi promosi Dinas Kesehatan.

"Sekitar 3.000 alat tes cepat ada di Dinas Kesehatan dan disiapkan untuk 'tracking' (pelacakan) jika terjadi kasus positif COVID-19," katanya.

Menurut dia dengan status zona hijau di Gorontalo Utara, maka membuat stok alat tes cepat yang ada dapat digunakan gratis untuk para mahasiswa, pelaku perjalanan di sektor perekonomian, serta di sektor lainnya.

"Tes cepat dilakukan berdasarkan rekomendasi dokter, setelah melakukan pemeriksaan kesehatan awal," demikian Rizal Yusuf Kune.

Baca juga: Jubir: 28 peserta ijtima Gowa asal Gorontalo Utara negatif COVID-19

Baca juga: Cegah COVID-19, Wabup Gorontalo Utara bagikan masker di pasar

Baca juga: Gorontalo Utara tetap gelar MTQ tingkat provinsi di tengah COVID-19

Baca juga: Dandim 1314 pastikan pemulangan tenaga kerja dari PLTU Tomilito

Pewarta : Susanti Sako
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar