Kendari (ANTARA) - Personel anggota Polri yang sehari-hari menjalankan tugas pembinaan kemasyarakatan atau sebagai bintara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Babinkamtibmas) dilatih menjadi pendakwah.

Direktur Binmas Polda Sultra Kombes Pol Darmawan Affandi di Kendari, Kamis, mengatakan personel Babinkamtibmas adalah ujung tombak Polri dalam melakukan pembinaan sosial kemasyarakatan.

"Babinkamtibmas mesti dibekali ilmu dakwah dalam menjalankan misi sosial kemasyarakatan di tengah tantangan tugas-tugas Polri yang makin kompleks," kata Darmawan.

Da'i Kamtibmas juga dituntut memiliki kepekaan terhadap aktivitas pihak-pihak atau oknum yang merongrong ketertiban masyarakat.

Pelatihan Da'i Kamtibmas angkatan XI terselenggara atas kemitraan Direktorat Bimas Polda Sultra dengan Islamic Centre Muadz Bin Jabal Kendari.

Baca juga: Polda Jabar buat "polisi santri" untuk dakwah

 
Direktur Binmas Polda Sultra Kombes Pol Darmawan Affandi membuka pelatihan Da'i Kamtibmas di Islamic Centre Muadz Bin Jabal Kendari (Foto: ANTARA/sarjono)



Sebelumnya Polda Sultra menjalin kemitraan dengan Pondok Modern Gontor dalam program pelatihan Da'i Kamtibmas, namun pertimbangan situasi pandemi virus Corona atau COVID-19 maka Direktorat Binmas berinisiatif untuk mencari tempat yang dekat di dalam Kota Kendari.

Pimpinan Islamic Centre Muadz Bin Jabal Ustadz Zezen mengungkapkan terimakasih kepada Direktorat Binmas Polda Sultra atas kepercayaan melatih personel Binmas kelak menjadi Da'i dan berdakwah di tengah masyarakat.

"Hal ini meningkatkan kepercayaan kepada masyarakat terhadap Polri dan bagaimana berkolaborasi antara ulama dan kepolisian, sehingga penting memperoleh pelatihan dasar-dasar berdakwah, " kata Ust Zezen.

Baca juga: Polisi Jember sampaikan pesan kamtibmas dengan dakwah

Baca juga: Polisi Harus Bangun Komunikasi dengan Ormas Islam

Pewarta: Sarjono
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020