Bawa logistik, Pramuka Unhas kirim bantuan korban banjir Masamba

id pramuka Unhas bantu lutra,banjir,Masamba,Luwu Utara,Sulsel

Bawa logistik, Pramuka Unhas kirim bantuan korban banjir Masamba

Tim sukarelawan Pramuka Unhas bergabung bersama Basarnas, Rabu (15/7/2020) membantu korban banjir bandang di Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulsel. (FOTO ANTARA/HO-Humas Unhas)

Makassar (ANTARA) - Tim sukarelawan yang tergabung dalam Unit Pramuka Peduli Universitas Hasanuddin (Unhas)  membawa bantuan logistik ke lokasi bencana, dan terlibat membantu proses evakuasi korban terdampak bencana banjir bandang di daerah Masamba, Kabupaten Luwu Utara.

"Tim surelawan Pramuka Unhas berangkat bersama Badan SAR Nasional (Basarnas) Makassar dan telah berada di lokasi bencana sejak Rabu (15/7) 2020," kata Ketua Dewan Racana Pramuka Putri Hassanudin Unhas,  Nur Amelinda Kharia di Makassar, Minggu.

Ia mengatakan bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian Pramuka Unhas terhadap musibah yang terjadi di Masamba. Apalagi, skala bencana alam ini relatif besar dan berdampak sangat luas bagi masyarakat.

"Kami terpanggil untuk turut serta membantu masyarakat di sana. Kondisi wilayah sangat memrihatinkan, masyarakat membutuhkan bantuan, baik tenaga maupun kebutuhan dasar," katanya.

"Kami membantu sebisa dan semampu kami, agar masyarakat dapat bangkit kembali. Ini adalah perwujudan dasa darma kedua, yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia," tambah Nur Amelinda Kharia.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Gugus Depan Unhas Dr Muh Tamar, M Psi, menambahkan selain memobilisasi tim sukrelawan, Pramuka Unhas juga mengirimkan bantuan logistik.

Kebutuhan masyarakat seperti selimut, pakaian, makanan, minuman, perlengkapan mandi, perlengkapan bayi dan beberapa bantuan lainnya diperoleh dari donasi keluarga besar Pramuka Unhas, instansi swasta dan masyarakat umum.

"Insya Allah bantuan ini akan disalurkan langsung di lokasi bencana pada Senin, 21 Juli 2020 oleh peserta didik Gerakan Pramuka Universitas Hasanuddin. Ini keterlibatan yang kesekian kalinya di daerah bencana oleh tim Pramuka Unhas," katanya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas Prof Dr drg A Arsunan Arsin MKes, sekaligus Ketua Harian Majelis Pembimbing Gugus Depan menambahkan kegiatan Pramuka Unhas merupakan wujud Tridharma Perguruan Tinggi utamanya pengabdian kepada masyarakat sekaligus wujud pengaplikasian dasa darma gerakan Pramuka.

Dalam kesempatan tersebut, Pramuka Unhas mengutus tujuh sukarelawan yang terdiri atas empat putra dan tiga putri. Setelah sampai di lokasi mereka kemudian melakukan pengarahan dan membantu tim Basarnas dan sukarelawan lainnya.

Baca juga: SAR Unhas fokus bantu bencana banjir Masamba

Baca juga: Lantamal VI salurkan bantuan bagi warga terdampak banjir di Masamba

Baca juga: Paskhas TNI AU bantu bersihkan bandara Andi Djemma Luwu Utara

Baca juga: Gubernur dan Kepala BNPB tinjau lokasi banjir Luwu Utara dari udara

Pewarta : Abdul Kadir
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar