Inisiasi uji coba Fase 2/3 adalah langkah maju yang besar dalam kemajuan kami menuju penyediaan vaksin potensial untuk membantu memerangi pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung
New York (ANTARA) - Perusahaan bioteknologi Jerman, BioNTech, dan pembuat obat Amerika Serikat Pfizer Inc mengatakan pada hari Senin (27/7) waktu setempat bahwa mereka akan memulai penelitian global penting untuk mengevaluasi kandidat vaksin COVID-19.

Jika penelitian ini berhasil, perusahaan dapat mengajukan vaksin untuk persetujuan peraturan pada Oktober, menempatkan mereka pada jalur untuk memasok hingga 100 juta dosis pada akhir 2020 dan 1,3 miliar pada akhir 2021.

Pasien masing-masing diberikan dua dosis vaksin pembuat obat untuk membantu meningkatkan kekebalan, sehingga 100 juta dosis pertama akan memvaksinasi sekitar 50 juta orang.

Studi ini diharapkan mencakup sekitar 120 lokasi di seluruh dunia dan dapat mencakup hingga 30.000 peserta. Ini akan mencakup daerah yang sangat terkena dampak COVID-19.

Baca juga: Relawan uji coba tahap tiga Vaksin Sinovac China dilindungi asuransi
Baca juga: Memahami vaksin dan proses pembuatannya


"Inisiasi uji coba Fase 2/3 adalah langkah maju yang besar dalam kemajuan kami menuju penyediaan vaksin potensial untuk membantu memerangi pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung," kata Kathrin Jansen, kepala penelitian dan pengembangan vaksin di Pfizer.

Uji coba melibatkan kandidat vaksin Pfizer yang paling menjanjikan, yang disebutnya BNT162b2. Studi sebelumnya menyaring vaksin potensial lainnya.

Pfizer telah memiliki perjanjian untuk menjual 100 juta dosis vaksinnya kepada pemerintah AS dan memberikannya opsi untuk membeli 500 juta lebih. Kesepakatan serupa juga tercapai dengan Uni Eropa.

Lebih dari 150 vaksin sedang dikembangkan melawan COVID-19, yang telah merenggut hampir 650.000 nyawa secara global dan melumpuhkan ekonomi.

Vaksin ini menggunakan RNA kurir kimia untuk meniru permukaan virus corona dan mengajarkan sistem kekebalan untuk mengenali dan menetralkannya. Meskipun teknologinya telah ada selama bertahun-tahun, belum pernah ada vaksin messenger RNA (mRNA) yang disetujui.

Moderna Inc juga meluncurkan uji coba tahap lanjut dengan 30.000 peserta pada hari Senin. Johnson & Johnson akan memulai uji klinis minggu ini.

Sumber : Reuters

Baca juga: Lembaga Eijkman perkirakan bibit vaksin Merah Putih selesai awal 2021
Baca juga: Sinopharm sebut vaksin COVID-19 kemungkinan siap digunakan akhir 2020

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020