Warga Kabupaten Musi Banyuasin didorong ikuti pelatihan kerja di BLK

id wakil bupati muba,musi banyuasin,kabupaten muba,kabupaten musi banyuasin,tenaga kerja,tenaga kerja kelistrikan,blk,dinasker,muba sumsel

Warga Kabupaten Musi Banyuasin didorong ikuti pelatihan kerja di BLK

Wakil Bupati Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi. (ANTARA/HO/20)

Sekayu (ANTARA) - Warga Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel) yang berusia produktif didorong mengikuti pelatihan bersertifikat di Balai Latihan Kerja-Dinas Tenaga Kerja untuk mencetak sumber daya manusia andal yang berdaya saing.

Wakil Bupati Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi, di Sekayu, Minggu, mengatakan pemerintah kabupaten (pemkab) mulai menyisir dan menginventarisir SDM lokal berusia produktif bidang kelistrikan dari tingkat kecamatan hingga desa untuk diberikan pelatihan dari BLK-Disnaker Muba.

Upaya ini dapat dilakukan karena pemkab telah membuat Nota Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama dengan PT PLN (Persero) Wilayah Sumsel, Jambi dan Bengkulu beberapa waktu lalu.

"Kerja sama ketenagakerjaan kali ini kami fokuskan di bidang kelistrikan, karena kami melihat ada potensi kebutuhan tenaga kerja di bidang ini,” kata Beni.

Ia mengatakan, sebelumnya pemkab telah menjalin beberapa kerja sama dalam bentuk pelatihan dengan instansi lain terutama dalam menyiapkan tenaga kerja lokal usia produktif (millenial) agar mampu bersaing di dunia kerja.

Bahkan, Pemkab Muba juga memberikan pelatihan kepada tenaga pencari kerja lokal khusus untuk penyandang disabilitas.

“Harapan kami, melalui pelatihan bersertifikat ini, tenaga kerja lokal setidaknya dapat diserap oleh perusahaan-perusahaan swasta yang beroperasi di Muba,” kata dia lagi.

Kepala Disnaker Muba Mursalin menerangkan kerja sama ini merupakan lanjutan dari kerja sama sebelumnya dalam upaya pemberdayaan SDM lokal di Muba, agar dapat terserap dalam dunia kerja.

“Pelatihan kerja ini menjadi salah satu upaya untuk mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan daya saing SDM tenaga kerja di Muba," kata dia pula.

BLK-Disnaker Muba bekerja sama dengan PLN memberikan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK)-Jurusan Kelistrikan untuk para pencari kerja di Muba. Dalam kesempatan ini, PLN juga bersedia menjalankan program pemagangan.

"Hal ini merupakan langkah strategis untuk penyiapan tenaga kerja bidang keistrikan di Muba. Karena sudah tersertifikasi bidang kelistrikan, maka diharapkan dapat diserap oleh pasar kerja sektor lainnya seperti perkebunan, kehutanan, pertambangan dan lain-lain," kata dia lagi.
Baca juga: PLTU Sumsel 5 di Musi Banyuasin segera operasional
Baca juga: Musi Banyuasin salurkan bantuan langsung ke ratusan pelaku UMKM

 

Pewarta : Dolly Rosana
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar