pondok pesantren untuk sementara tidak menerima tamu dari luar
Temanggung (ANTARA) - Sejumlah pondok pesantren di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran COVID-19 yang kasusnya terus bertambah akhir-akhir ini.

"Kami minta pondok-pondok pesantren di seluruh Kabupaten Temanggung untuk lebih meningkatkan kewaspadaan, jangan sampai terjadi klaster pondok pesantren," kata Bupati Temanggung M. Al Khadziq di Temanggung, Selasa.

Agar tidak muncul klaster pondok pesantren, Khadziq meminta para santri membatasi aktivitas dengan tidak keluar masuk pondok pesantren.

"Saya minta pondok pesantren untuk sementara tidak menerima tamu dari luar pondok pesantren dulu demi kehati-hatian," katanya.

Baca juga: Ketua MPR cermati kasus positif COVID-19 di lingkungan pesantren

Baca juga: Bupati Banyumas: 17 santri sembuh dari COVID-19


Ia menyampaikan setiap ada kasus positif COVID-19, satgas langsung melakukan pelacakan terhadap kontak erat kemudian melakukan tes usap.

Bagi mereka yang hasil tes usapnya positif langsung diminta karantina di tingkat kabupaten, bertempat di Asrama BLK Temanggung dan Gedung Pemuda.

"Kalau yang bersangkutan tidak mau maka dia harus menandatangani surat pernyataan sanggup menjalankan karantina mandiri di rumah kemudian juga disertai surat pernyataan dari kades dan ketua satgas jogo tonggo bahwa mereka siap untuk mengawasi yang bersangkutan agar selama masa karantina tidak keluar rumah," katanya.

Khadziq juga meminta masyarakat kalau tidak perlu sekali supaya menahan diri di rumah, namun pihaknya menyadari bahwa ekonomi memang harus berjalan.

"Kalau urusannya dengan ekonomi mau tidak mau tetap harus bepergian ke luar kota tidak apa-apa tetapi mohon kehati-hatiannya, terapkan betul protokol pencegahan COVID-19 dengan senantiasa jaga jarak, pakai masker, dan jangan lupa sering cuci tangan menggunakan sabun," katanya. 

Baca juga: Jumlah santri positif COVID-19 di Purwanegara Banyumas capai 328 orang

Baca juga: Puluhan penghuni Al Izzah di Kota Batu dinyatakan sembuh dari COVID-19

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020