Pada pekan lalu, dari tanggal 19 hingga 24 Oktober, jumlah pengunjung 1.355 orang, sedangkan pekan ini (libur cuti bersama) sejak 26-31 Oktober mencapai 4.559 orang
Situbondo (ANTARA) - Wisata Bahari Pasir Putih Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mulai ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada libur cuti bersama memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang jumlahnya mencapai 4.559 wisatawan.

"Pada pekan lalu, dari tanggal 19 hingga 24 Oktober, jumlah pengunjung 1.355 orang, sedangkan pekan ini (libur cuti bersama) sejak 26-31 Oktober mencapai 4.559 orang," ujar Direktur Wisata Bahari Pasir Putih Kabupaten Situbondo Yasin Maksum di Situbondo, Minggu.

Menurut ia, pada libur cuti bersama pekan ini para pengunjung mayoritas merupakan asal kabupaten/kota di Jawa Timur, dan bahkan juga terdapat wisatawan asal luar Jatim, seperti Jakarta.

Puncak kunjungan wisata libur cuti bersama di objek wisata pantai yang terletak di Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, itu terjadi pada Minggu (1/11).

"Kami tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat bagi pengunjung. Dan di sekitar wisata juga disediakan tempat cuci tangan dan lainnya," ujarnya.

Mengenai hunian hotel di kawasan wisata, lanjut Yasin, di Hotel Sidomuncul 1 selama sepekan ini mencapai 400 persen atau empat kali lipat apabila dibandingkan pekan lalu, yang artinya ada peningkatan hunian hampir 300 persen.

"Dari data hunian, dalam sepekan terakhir hotel penuh pada empat malam berturut-turut, sementara sebelumnya hanya penuh di malam Minggu saja," katanya.

Ia menambahkan, untuk tarif hotel pada masa pandemi diturunkan sebesar Rp100.000 hingga Rp150.000, dari sebelumnya di atas Rp150.000 per malam.

"Kamar A yang dulunya (sebelum pandemi) Rp.550.000 (sudah termasuk pajak, layanan makan pagi), maka di masa pandemi menjadi Rp400.000. Karena walaupun memasuki libur panjang, ini masih tetap harga pandemi," ujarnya.

Baca juga: Taman nasional Baluran Situbondo jadi tujuan wisata fotografer

Baca juga: Situbondo kenalkan wisata lewat komunitas "motor trail"

Baca juga: Waduk Bajulmati Situbondo jadi tujuan wisata baru

 

Pewarta: Masuki M. Astro/Novi Husdinariyanto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020