Paris (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri Prancis Gerald Darmanin akan mengunjungi Tunisia dan Aljazair akhir pekan ini untuk membahas masalah keamanan dengan mitra-mitra di sana, kata Darmanin kepada saluran televisi BFM TV, Senin.

Kekhawatiran atas keamanan dan imigrasi meningkat di Prancis setelah serangan senjata tajam yang berakibat fatal di sebuah gereja di Nice pekan lalu.

Kepala jaksa anti terorisme Prancis mengatakan  pria yang diduga melakukan serangan Nice adalah seorang warga yang lahir di Tunisia pada 1999 dan tiba di Eropa pada 20 September di Lampedusa, pulau Italia di lepas pantai Tunisia.

Lampedusa merupakan pulau terbesar di Kepulauan Pelagie dan terletak 205 kilometer dari Sisilia dan 113 km dari Tunisia.

Sebelumnya, seorang penyerang dengan meneriakkan "Allahu Akbar" memenggal kepala seorang perempuan dan membunuh dua orang lainnya dalam sebuah gereja di Nice, Kamis (29/10). Insiden itu merupakan aksi teror mematikan kedua dalam dua minggu terakhir, yang kemungkinan didorong oleh paham garis keras.

Pelaku penyerangan, seseorang yang berasal dari Tunisia dan berusia 21 tahun, ditembak oleh polisi dan saat ini masih berada dalam kondisi kritis di rumah sakit.

Sejumlah penyelidik di Italia juga membantu investigasi aparat penegak hukum di Prancis, khususnya terkait kegiatan tersangka dan orang-orang yang ia hubungi di Pulau Sisilia.

Para penyelidik meyakini bahwa tersangka sempat tinggal di Sisilia setelah menyeberang dari Lampedusa ke Bari pada awal Oktober dengan menggunakan sebuah kapal yang biasanya dipakai untuk mengarantina para pengungsi, kata beberapa sumber 

Tersangka juga diyakini mendapat surat peringatan untuk keluar dari Italia dalam waktu seminggu, kata sumber yang sama.

Para penyelidik masih mencari kemungkinan bahwa tersangka sempat tinggal di Kota Alcamo, Sisilia, selama 10 hari, kata beberapa narasumber.

Sumber: Reuters

Baca juga: Polisi Prancis tangkap dua orang lagi terkait teror di Nice

Baca juga: Prancis berlakukan status keamanan tertinggi setelah serangan di Nice

Baca juga: Pendeta Yunani di gereja Prancis ditembak pria tak dikenal


 

Prancis, antara duka Nice dan gempuran protes kalangan Muslim

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2020