Kota Pekanbaru (ANTARA) - Pelajar MIN 1 Pekanbaru Chania Alifia Zahra meraih medali emas pada kejuaraan Asia Pasific Shitoryu Karate Foundation (APSKF) Virtual Competition di Kazakhstan yang digelar pada 6-8 November 2020.

"Prestasi gemilang ini tentunya berkat kerja keras Chania Alifia Zahra akrab dipanggil Caca itu berlatih dan keberhasilan cemerlang ini juga memotivasi dan menginspirasi murid MIN 1 Pekanbaru lain tentunya," kata Musdhalifah Humas Kanwil Kemenag Riau, di Pekanbaru, Selasa.

Caca merebut juara 1 di kelas usia 8-9 tahun. Caca bersama atlit Indonesia lainnya memboyong total 9 emas, 11 perak dan 10 perunggu.

Dia mengatakan, gadis bertubuh mungil ini sekarang duduk di kelas 4 B. Di umur 9 tahun, Caca sudah menyandang berbagai penghargaan di bidang karate hingga di tingkat nasional.

Pada Februari lalu Caca menyabet juara 1 Kata Perorangan usia dini putri pada Kejuaraan Nasional Karate Shindoka di Jakarta.

Meskipun pandemi tidak menjadi halangan Caca mengikuti rutinitas latihan yang padat setiap hari. Sebelum pandemi, Caca yang tergabung dalam Perguruan Shindoka Pekanbaru ini rutin berlatih dua kali seminggu setiap hari Rabu dan Ahad.

"Caca selalu berusaha mengikuti latihan dengan semangat. Awalnya, keinginannya untuk selalu melindungi bundanya membuat Caca termotivasi untuk terus berkembang mengasah kemampuan bela diri karate. Seiring berjalannya waktu, Caca membuktikan kegiatannya tidak sia-sia. Prestasi demi prestasi pun berhasil ia raih," kata Musdhalifah.

Anak dari pasangan ayah Nofrizal Chan (alm) dan bunda Weny ini juga hobi nonton kartun dan berenang. Caca bercita-cita ingin menjadi polwan dan berharap bisa mengikuti kejuaraan dunia yang tingkatannya lebih tinggi seperti Asian Games. Semoga Caca sukses dan bisa menjadi atlit nasional.

Prestasi yg pernah diraihnya adalah Juara 3 kumite – 20kg pra usia dini putri kejuaraan Karate kids championship III 2016 di Gor Tribuana PekanbaruJuara 3 bersama kumite -20kg pra usia dini putri, kejuaraan 1st Eagle Karate Open Championship 2017 di PekanbaruJuara 3 kumite -20kg pra usia dini putri, Kejuaraan Karate Provinsi Riau IX thn 2018 dan Piala Bupati INHU 2018 di RengatJuara 3 Kata Perorangan usia dini putri, Kejuaraan Siak Open Karate Championship 1st 2018 di Gor Tualang SiakJuara 3 kumite -25kg usia dini putri, Kejuaraan Siak Open Karate Championship 2nd 2019 di Gor Tualang SiakJuara 1 Kata Perorangan usia dini putri, Kejuaraan Nasional Karate Shindoka 2020 di Jakarta.

Baca juga: PB Lemkari gelar pelatihan karate nasional 2020 secara daring
Baca juga: Tim karate Sulteng raih sembilan medali di kejuaraan Kajati Sulut
Baca juga: Ketum FORKI bangga raihan kontingen karate Indonesia di SEA Games


Pewarta: Frislidia
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2020