Seorang pegawai KPU Pasaman Barat positif COVID-19

id COVID-19,pasaman barat

Seorang pegawai KPU Pasaman Barat positif COVID-19

Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar, terus melakukan tes usap hasil pelacakan atau tracking pasien positif COVID-19 untuk memutus mata rantai penyebarannya. 

Simpang Empat,- (ANTARA) - Seorang pegawai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), perempuan inisial YWN (44) terkonfirmasi positif COVID-19 bersama sembilan orang warga lainnya, Kamis.

"Benar, kami dapat informasi dari Gugus Tugas COVID-19 Pasaman Barat ada seorang pegawai KPU yang positif," kata Ketua KPU Pasaman Barat Alharis didampingi Komisioner KPU Wanhar di Simpang Empat, Kamis.

Ia mengatakan yang bersangkutan dinyatakan positif COVID-19 setelah melakukan tes usap (swab test) di Bandara Internasional Minangkabau Padang pada 16 November 2020.

"Hasilnya keluar hari ini dan terhadap pelayanan di KPU akan kami bicarakan lebih lanjut," katanya.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Pasaman Barat bertambah sembilan orang

Baca juga: Pasien positif COVID-19 bertambah dua orang di Pasaman Barat


Sepulang dari Padang yang bersangkutan sempat masuk kantor pada Rabu (18/11) tetapi cuma sebentar.

"Jika memang kami semua di tes usap maka kami akan menjalaninya," ujarnya.

Sementara itu Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran COVID-19 Pasaman Barat Gina Alecia menyampaikan penambahan kasus positif berdasarkan informasi Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand Padang, Kamis.

Ia menyebutkan pasien yang positif itu adalah perempuan inisial R (36), laki-laki inisial YA (15), laki-laki inisial AF (3) dan laki-laki inisial REP (8).

"Empat orang itu merupakan suspek COVID-19 dan keempatnya warga Jorong Bukit Nilam Kecamatan Pasaman," katanya.

Selain itu perempuan inisial F (45) warga Jorong Simpang Empat Kecamatan Pasaman merupakan kontak erat dengan kasus konfirmasi positif sebelumnya.

Kemudian perempuan inisial LPY (36) warga Jorong Kampung Cubadak Kecamatan Pasaman merupakan kontak erat dengan kasus konfirmasi positif sebelumnya.

Setelah itu perempuan inisial SA (45) warga Simpang Tiga Timur Kecamatan Luhak Nan Duo merupakan suspek COVID-19, perempuan inisial WN (32) warga Jorong Pasaman Baru merupakan kontak erat dengan kasus konfirmasi positif dan perempuan inisial NM (62) pasien suspek rawatan RSUP M Djamil Padang yang merupakan warga Jorong Koto Pinang Kecamatan Lembah Melintang.

Ia menyebutkan untuk sembilan pasien konfirmasi positif tersebut saat ini sedang dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di RSUD Pasaman Barat dan direncanakan untuk diisolasi di Diklat BKPSDM Talu Kecamatan Talamau.

Khusus untuk pasien NM saat ini sedang dalam proses perawatan di RSUP M. Djamil Padang.

Ia menegaskan saat ini juga telah dilaksanakan langkah cepat proses pelacakan (tracking) untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Pasaman Barat.

Ia mengajak masyarakat saling bekerjasama dalam menghambat laju penularan COVID-19 ini dengan selalu bersikap kooperatif serta selalu bersikap tenang.

"Mohon dukungan seluruh masyarakat untuk selalu bahu-membahu membasmi penyebaran COVID-19 di Pasaman Barat dengan selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan seperti rajin mencuci tangan dengan air mengalir, selalu memakai masker, menjaga jarak serta menjauhi kerumunan," ajaknya.

Hingga saat ini jumlah total positif COVID-19 mencapai 230 orang, sebanyak 167 orang diantaranya sembuh, 15 orang meninggal dunia dan 48 masih positif.*

Baca juga: 126 orang pasien COVID-19 di Pasaman Barat sembuh

Baca juga: Pasien COVID-19 meninggal di Pasaman Barat bertambah jadi 7 orang

Pewarta : Altas Maulana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar