Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada sepekan terakhir, mulai dari suku bunga acuan Bank Indonesia yang turun hingga Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang menemui Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. BI turunkan suku bunga acuan jadi 3,75 persen
Bank Indonesia (BI) menurunkan tingkat suku bunga acuan sebesar 25 basis poin menjadi 3,75 persen berdasarkan keputusan Rapat Dewan Gubernur (RDG) 18-19 November 2020.

“Keputusan ini mempertimbangkan perkiraan inflasi rendah, stabilitas eksternal terjaga dan sebagai langkah lanjutan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam jumpa pers virtual usai RDG BI edisi November 2020 di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya di sini


2. Neraca perdagangan Oktober 2020 surplus 3,61 miliar dolar AS
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan RI pada Oktober 2020 surplus 3,6 miliar dolar AS, dengan nilai total ekspor 14,39 miliar dolar AS dan impor 10,78 miliar dolar AS

"Peningkatan surplusnya cukup besar, karena terjadi penurunan yang dalam pada impor pada bulan Oktober 2020," kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto saat menggelar konferensi pers virtual di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini


3. Setelah 9 tahun Indonesia akhirnya surplus neraca transaksi berjalan

Indonesia mencatat surplus neraca transaksi berjalan sebesar 1 miliar dolar AS pada kuartal III 2020 atau pertama kalinya setelah sembilan tahun menderita defisit dalam lalu lintas pembayaran mancanegara yang mempengaruhi kecukupan devisa.

Berdasarkan penelurusan Antara terhadap laporan resmi Statistik Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) di Jakarta, Jumat, Indonesia terakhir kali memperoleh surplus transaksi berjalan pada kuartal III-2011 sebesar 468 juta dolar AS.

Baca selengkapnya di sini


4. Presiden Jokowi hadiri KTT APEC 2020 secara virtual
Presiden RI Joko Widodo menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (KTT APEC) 2020 secara virtual, dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat malam.

Siaran pers yang diterima dari Biro Pers Sekretariat Presiden, di Jakarta, Jumat, dijelaskan, KTT APEC tahun 2020 yang diselenggarakan tuan rumah Malaysia ini mengangkat tema Optimising Human Potential Towards a Resilient Future of Shared Prosperity: Pivot, Prioritise, Progress.

Baca selengkapnya di sini

5. Bertemu Trump, Luhut berharap kerja sama RI-AS tetap ditingkatkan
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan diterima oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di White House, Washington DC, AS pada Selasa (17/11), di mana ia menyampaikan harapan agar kerja sama yang baik dengan AS bisa terus ditingkatkan di masa pemerintahan yang akan datang.

"Saya atas nama Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Presiden Donald Trump. Apapun hasil resmi pemilu AS, pertemanan tetap perlu dijaga. Kita akan selalu menjadi kawan. Saya juga berharap komunikasi yang baik seperti ini dengan Gedung Putih dapat juga terjalin setelah Januari 2021 nanti," kata Luhut Pandjaitan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini

Baca juga: Pemerintah serap Rp27 triliun dari hasil penerbitan SUN kepada BI
Baca juga: Gubernur BI dorong perbankan turunkan bunga kredit
Baca juga: Setelah 9 tahun Indonesia akhirnya surplus neraca transaksi berjalan


 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2020