Pasien positif COVID-19 di Pasaman Barat bertambah 12 orang

id COVID-19,pasaman barat

Pasien positif COVID-19 di Pasaman Barat bertambah 12 orang

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran COVID-19 Pasaman Barat Gina Alecia.

Simpang Empat,- (ANTARA) - Jumlah pasien COVID-19 di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) bertambah 12 orang pada Rabu, sehingga total menjadi 292 orang.

"Dengan bertambahnya 12 orang maka jumlah kasus positif hingga saat ini mencapai 292 orang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran COVID-19 Pasaman Barat Gina Alecia di Simpang Empat, Rabu.

Ia mengatakan penambahan 12 orang itu berdasarkan informasi Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand Padang terhadap hasil tes usap (swab test).

Menurutnya, hasil tes usap pada 23 November 2020 di Puskesmas Air Bangis diperoleh empat orang terkonfirmasi positif COVID-19, yakni  wanita inisial RZZ (8 ) warga Jorong Pasar Dua Suak Kecamatan Sungai Beremas.

Baca juga: Kepala Pelaksana BPBD Pasaman Barat positif COVID-19

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Pasaman Barat bertambah 20 orang


Lalu, pria inisial BN (57 ) warga Jorong Taluak Ambun Kecamatan Lembah Melintang dan wanita inisial RR (54). Ketiganya merupakan kontak erat dengan kasus konfirmasi positif sebelumnya

Kemudian wanita inisial S (51) warga Pasar Pokan Kecamatan Sungai Beremas merupakan suspek COVID-19.

Hasil tes usap pada 23 November 2020 di Rumah Sakit Ahmad Mochtar Bukittinggi didapatkan satu orang terkonfirmasi positif, yaitu pria inisial SD (53) dengan status pasien suspek yang dirawat di RS Ahmad Mochtar Bukittinggi yang merupakan warga Nagari Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang.

Selanjutnya tes usap di Bandara Udara Minangkabau Padang 25 November 2020, didapatkan satu orang terkonfirmasi positif pria inisial TW (57 ) warga Jorong Kampung Cubadak Kecamatan Pasaman yang merupakan pelaku perjalanan.

Tes usap di RSUD Pasaman Barat pada 23-24 November 2020 didapatkan enam orang positif yakni wanita inisial DS (41) warga Jorong Simpang Empat Kecamatan Pasaman, wanita inisial Y (26) warga Jorong Batang Lingkin Kecamatan Pasaman dan pria inisial DAM (6) warga Jorong Pinaga Kecamata Pasaman.

Kemudian wanita inisial OY (37) warga Jorong Ophir Kecamatan Luhak Nan Duo, serta wanita inisial CDM (1) warga Jorong Kapar Utara Kecamatan Luhak Nan Duo.

"Lima orang itu merupakan kontak erat dengan kasus konfirmasi positif sebelumnya," ujarnya.

Satu orang lagi pria inisial ZL (63) warga Jorong Kuamang Alai Kecamatan Lembah Melintang yang merupakan pasien suspek yang sedang dirawat di RSUD Pasaman Barat.

"Untuk sepuluh pasien konfirmasi positif tersebut saat ini sedang dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di RSUD Pasaman Barat dan RS Ibnu Sina serta direncanakan untuk diisolasi di RSUD, RS Ibnu Sina dan Diklat BKPSDM Talu Kecamatan Talamau," ujarnya.

Khusus untuk ZN, saat ini sedang dalam proses perawatan di RSUD Pasaman Barat dan SD dalam perawatan di RS Ahmad Mochtar Bukittinggi.

"Jumlah pasien positif hingga saat ini 292 orang, sebanyak 193 diantaranya sembuh, 15 orang meninggal dunia dan 84 masih positif," ucap dia.

Pihaknya saat ini sudah melaksanakan langkah cepat proses pelacakan (tracking) untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Pasaman Barat.

Ia mengajak kerjasama dalam menghambat laju penularan COVID-19 ini dengan selalu bersikap koperatif serta selalu bersikap tenang.

"Mari rajin mencuci tangan dengan air mengalir, selalu memakai masker, menjaga jarak serta menjauhi kerumunan," ujarnya.*

Baca juga: Seorang pegawai KPU Pasaman Barat positif COVID-19

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Pasaman Barat bertambah sembilan orang

Pewarta : Altas Maulana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar