Pembangunan Pengamanan Pantai KEK Tanjung Lesung untuk melindungi garis pantai di sekitar KEK dari ancaman abrasi dan erosi yang mengancam berbagai sarana dan prasarana umum antara lain permukiman, jalan raya, fasilitas umum, dan perekonomian wisata
Jakarta (ANTARA) - BUMN konstruksi PT Waskita Karya (Persero) Tbk menandatangani dua kontrak perjanjian jasa konstruksi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk pembangunan proyek Pengamanan Pantai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung paket 1 di Kabupaten Pandeglang, Banten, dan pekerjaan untuk Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I. Ciliman di Banten.

Direktur Operasi II II Waskita Karya Bambang Rianto dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, mengatakan nilai kontrak proyek pengamanan Pantai KEK Tanjung Lesung paket 1 sebesar Rp249 miliar, dengan jangka waktu pelaksanaan selama 1.080 hari sejak Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK),.

“Pembangunan Pengamanan Pantai KEK Tanjung Lesung untuk melindungi garis pantai di sekitar KEK dari ancaman abrasi dan erosi yang mengancam berbagai sarana dan prasarana umum antara lain permukiman, jalan raya, fasilitas umum, dan perekonomian wisata setempat,” kata Bambang Rianto.

Baca juga: Waskita Karya divestasi sembilan ruas jalan tol senilai Rp11 triliun

Abrasi yang terjadi di Pantai KEK Tanjung Lesung Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten, sudah lama berlangsung sehingga menimbulkan kondisi pantai yang kritis.

Proyek ini merupakan pekerjaan rehabilitasi jaringan irigasi sehingga tercapai pendistribusian air yang merata kepada masyarakat.

Selanjutnya, proyek pekerjaan Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I. Ciliman di Kabupaten Pandeglang  senilai Rp139 miliar.

"Proyek ini merupakan pekerjaan rehabilitasi jaringan irigasi sehingga tercapai pendistribusian air yang merata kepada masyarakat, yang diharapkan diharapkan dapat mengembalikan dan memaksimalkan manfaat infrastruktur pengairan untuk warga di sekitar Sungai Ciliman," ujarnya.

Baca juga: Waskita akan terbitkan obligasi untuk modal kerja proyek

Sebelumnya Waskita juga telah mendapatkan kontrak proyek Twin Tower Makassar sebesar Rp1,9 triliun.

Waskita pun terus berusaha mendapatkan proyek-proyek baru dan manajemen terus berusaha untuk mencapai target nilai kontrak baru sebesar Rp26 triliun dengan tetap fokus pada proyek-proyek infrastruktur konektivitas.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020