Namun, inilah realitas politik yang harus kami terima dengan lapang dada.
Surabaya (ANTARA) - DPD Partai Golkar Kota Surabaya menyemangati pengurus, kader, dan sukarelawan pascakekalahan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Machfud Arifin dan Mujiaman (Maju) dalam hitungan cepat Pilkada 2020 oleh sejumlah lembaga survei.

"Niat sudah kami ikrarkan. Ikhtiar sudah kami lakukan dengan segenap kemampuan yang kami miliki dengan tujuan untuk memiliki wali kota dan wakil wali kota idaman. Hal ini membuat kami mengerahkan segala energi yang bisa kami lakukan. Namun, biarlah rakyat yang menjadi tuannya," kata Arif Fathoni dalam postingan di laman Facebook yang sudah dikonfirmasi ANTARA di Surabaya, Jumat.

Menurut dia, warga Surabaya sudah menentukan mandatnya. Semua pendukung Machfud-Mujiaman, lanjut dia, pasti kecewa karena impiannya tidak terpenuhi.

"Namun, inilah realitas politik yang harus kami terima dengan lapang dada," kata Arif Fathoni yang kerap dipanggil Toni ini.

Baca juga: Bobby temui Ketua Golkar Sumut setelah unggul di perhitungan cepat

Untuk itu, kata dia, DPD Partai Golkar Surabaya menyampaikan terima kasih atas segala niat tulus dan perjuangan para pengurus, kader, dan sukarelawan Golkar.

"Kami mohon maaf manakala interaksi ini melahirkan hal-hal yang kurang berkenan di hati Anda semua. Sampai ketemu di hajatan politik berikutnya," kata anggota DPRD Surabaya ini.

Sementara itu, Benyamin Mangitung, warga Surabaya pemilik Bee Jay Bakau Resort Probolinggo, mengomentari postingan Toni di Facebook dengan mengatakan bahwa siapa pun yang dipilih rakyat untuk memimpin 5 tahun ke depan harus didukung dan tetap dikritisi demi kemajuan Kota Surabaya tercinta.

Komentar lainnya datang dari Hasan, warga Surabaya sekaligus kader Golkar. Dia mengatakan bahwa para pendukung Machfud-Mujiaman sudah bekerja maksimal. Namun, yang mementukan adalah Allah Swt.

Baca juga: Golkar klaim target kemenangan pilkada di Jateng-DIY capai 75 persen

"Sama-sama Pak, manusia hanya berusaha, Allahlah yang menentukannya. Kami juga kader Golkar mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kita semua saudara mari bersama membangun Surabaya. Golkar makin jaya," katanya.

Adapun hasil hitung cepat yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survei di antaranya Populi Center menyebut Paslon Eri-Armuji (Erji) meraih suara 56,51 persen dan Machfud-Mujiaman (Maju) 43,49 persen, Surabaya Survey Center (SSC) Erji 57,34 persen dan Maju 42,66 persen, Poltracking Erji 57,41 persen dan Maju 42,59 persen, dan Charta Politika Erji 56,28 persen dan Maju 43,72 persen.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020