...Influencer dengan konten-konten kreatifnya dan followers-nya yang cukup banyak memiliki loyalitas tinggi menjadi mitra dan sahabat bagi IKM penggerak ekonomi kerakyatan.
Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan memberikan penghargaan kepada 16 influencer yang dinilai peduli terhadap ekonomi kerakyatan di Kabupaten Sleman.

Pemberian penghargaan dilakukan secara simbolis kepada 9 influencer di Pendopo Ragil Jaya, Sentra Industri Tenun ATBM Gamplong 1, Moyudan, Selasa.

Kepala Disperindag Kabupaten Sleman Mae Rusmi mengatakan bahwa kegiatan ini baru pertama kali diselenggarakan oleh Disperindag Sleman, atau dalam hal ini Rumah Kreatif Sleman (RKS).

"Tujuannya ialah untuk memberikan apresiasi kepada influencer yang berperan aktif dalam mempromosikan produk-produk industri kecil menengah (IKM) di DIY. Influencer dengan konten-konten kreatifnya dan followers-nya yang cukup banyak memiliki loyalitas tinggi menjadi mitra dan sahabat bagi IKM penggerak ekonomi kerakyatan," katanya.

Baca juga: "Influencer" media sosial makin tumbuhkan tren positif

Menurut dia, 16 influencer yang menerima penghargaan tersebut telah melalui proses penilaian oleh tim RKS dan Ultima. Penilaian di antaranya memperhatikan jumlah followers, jumlah posting, jumlah engagement, konsistensi posting-an, dan juga jumlah posting-an terkait UMKM dalam kurun waktu Maret hingga September 2020.

Sementara itu, salah satu influencer penerima penghargaan, Iqbal Galuh menyambut baik pemberian apresiasi bagi para influencer dari Pemkab Sleman ini. Ia berharap di Sleman tumbuh lebih banyak kuliner baru dan produk IKM yang mempunyai nilai jual lebih dan berdaya saing.

Pemilik akun Instagram @Gembulfoodie ini juga berharap pemerintah bisa memberikan bantuan atau pendampingan terkait pemanfaatan teknologi untuk pelaku usaha kecil pedagang kecil agar mampu bersaing di era yang serba digital ini.

"Mungkin bantuan checklist di google maps, supaya memudahkan orang-orang saat mencari lokasi mereka," katanya.

Baca juga: Kemenperin pacu inovasi IKM pangan lewat kompetisi IFI 2020

Dalam acara yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sleman Eka Suryo Prihantoro tersebut juga diputarkan video review sejumlah produk IKM Sleman oleh dr Tirta. Influencer yang juga sekaligus sebagai Brand Ambassador RKS itu menyebutkan bahwa produk-produk Sleman mempunyai kualitas yang sangat baik dan tak kalah dengan produk daerah lain.

Ia juga berkomitmen untuk terus mendorong IKM di kabupaten Sleman agar lebih berkembang dan mampu bersaing.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020