50 unit huntap ini merupakan upaya yang sangat luar biasa dari Bupati Luwu Utara
Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah menyerahkan 50 unit rumah hunian tetap (Huntap) kepada korban banjir bandang di Kelurahan Bone Tua, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Rabu.

"Saya fikir jangan terlalu lama masyarakat menunggu untuk mendapatkan rumah. Setelah berbicara dengan ibu bupati, sekira 200 unit huntap masih dibutuhkan. Jadi lanjutkan saja sesuai kemampuan lahan, saya tidak mau menyebut nilai tapi sesuai kemampuan lahan dan kemampuan membangun," urai Nurdin Abdullah.

Menurutnya, 50 unit huntap ini merupakan upaya yang sangat luar biasa dari Bupati Luwu Utara dan seluruh Forkopimda Luwu Utara beserta bantuan dari berbagai pihak sehingga huntap tersebut bisa berdiri kokoh.

"Saya kira kewajiban pemerintah adalah di saat ada masalah di tengah masyarakat, pemerintah hadir," katanya.

Baca juga: Pemerintah siapkan dana tunggu hunian bagi korban banjir Luwu Utara

Nurdin menjelaskan selama dua tahun memimpin Sulsel, ia selalu menempatkan diri sebagai wakil pemerintah pusat di daerah. Pemprov Sulsel selalu berkolaborasi dengan pemerintah kabupaten kota se-Sulsel.

"Saya dua tahun lebih mendapat amanah sebagai gubernur tentu saya menempatkan diri sebagai wakil pemerintah pusat di daerah. Jadi tidak bersaing membangun dengan bupati, tetapi mendukung penuh para bupati," katanya.

Ia meminta kepada seluruh pemerintah kabupaten/kota agar tidak pernah ragu terhadap bantuan Pemprov Sulsel yang sekiranya harus turun tangan.

Baca juga: Korban banjir Luwu Utara butuh 1.295 hunian tetap

"Insyaallah kami turun tangan. Saya juga nggak paham dengan rumah seperti ini bisa dibangun dengan cepat ditambah harga yang sangat murah," katanya.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani menyampaikan rasa syukur atas bantuan dan kehadiran Gubernur Sulsel dalam penyerahan Huntap tersebut kepada penerima manfaat.

"Alhamdulillah kita bersyukur Bapak Gubernur sempatkan hadir untuk serah terima 50 unit rumah yang dibangun untuk korban bencana banjir bandang beberapa waktu yang lalu," ujarnya.

Baca juga: Gubernur dan Kepala BNPB tinjau lokasi banjir Luwu Utara dari udara

Menurut Indah, kehadiran Gubernur Sulsel pada acara penyerahan huntap tersebut karena panggilan kemanusiaan, sebab dirinya hanya mengundang melalui media WhatsApp.

"Alhamdulillah hanya modal WhatsApp beliau langsung merespon. Alhamdulillah hari ini beliau hadir. Selama pak gubernur hadir di acara dua tahun terakhir ini selalu ada bonus dari Pak Gubernur," ujarnya.

Baca juga: Korban banjir bandang Luwu Utara dibantu pembangunan hunian tetap

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020