Melalui program ini, kami berharap dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar melalui dunia pendidikan, sehingga mampu berkontribusi lebih baik bagi keluarga, masyarakat, dan bangsa
Gresik, Jatim (ANTARA) - Petrokimia Gresik menyalurkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) beasiswa secara menyeluruh kepada 12 mahasiswa dan 24 pelajar SMA/SMK di sekitar perusahaan melalui program Beasiswa Petrokimia (Bestro) dengan nilai Rp1,7 miliar.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo di Gresik, Kamis mengatakan, Bestro merupakan bagian dari program CSR “Petrokimia Gresik Peduli & Berbagi” sebagai bentuk dukungan nyata perusahaan terhadap pembangunan SDM Indonesia unggul melalui dunia pendidikan.

"Melalui program ini, kami berharap dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar melalui dunia pendidikan, sehingga mampu berkontribusi lebih baik bagi keluarga, masyarakat, dan bangsa,” ujar Dwi Satriyo saat penandatanganan perjanjian Beasiswa Bestro.

Bantuan ini semakin tepat diberikan saat ini mengingat banyak keluarga terdampak secara ekonomi akibat pembatasan aktivitas karena wabah COVID-19. Bahkan di Gresik saat ini juga tengah menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Adapun rincian bantuan CSR Bestro 2020 meliputi Rp1,16 miliar untuk jenjang S1 yang diberikan bertahap hingga tahun 2024, dan Rp540 juta untuk jenjang SMA/SMK sampai dengan kelulusan atau hingga tahun 2023.

Para penerima bantuan ini, adalah mahasiswa dan pelajar berprestasi dari keluarga kurang mampu secara ekonomi di sekitar perusahaan.

Total bantuan CSR Bestro yang telah diberikan Petrokimia sejak awal digagas atau tahun 2012 mencapai Rp19,43 miliar, dimana Rp13,18 miliar di antaranya untuk 115 penerima Bestro pendidikan S1 yang tersebar di berbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia, dan Rp6,25 miliar selebihnya diberikan kepada 221 penerima Bestro jenjang SMA/SMK dari sekolah favorit di Kabupaten Gresik.

Dari total jumlah itu, sebanyak 72 orang tingkat S1 dan 147 orang tingkat SMA telah dinyatakan lulus menempuh pendidikannya. Beberapa di antaranya bahkan telah menjadi karyawan di Petrokimia Gresik.

"Saya meminta kepada para penerima bantuan CSR Bestro agar memanfaatkan kesempatan ini dengan sungguh-sungguh. Karena ada syarat dan ketentuan tertuang dalam perjanjian yang ditandatangani," kata Dwi.

Baca juga: Tanam jagung di NTB, Petrokimia Gresik canangkan Program Agro Solution

Baca juga: Petrokimia jadikan Sembalun Lombok percontohan budi daya kentang

Baca juga: Lewat Jambore, Petrokimia Gresik ajak milenial geluti pertanian

 

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021